Bagikan:

JAKARTA - Paraguay meraih tiket terakhir ke perempat final Olimpiade 2024. Pada laga pamungkas penyisihan Grup D di Stadion Parc des Princes, Paris, Perancis, Rabu, 31 Juli 2024 dini hari WIB, Paraguay menang tipis 1-0 sekaligus menyingkirkan Mali.

Laga Paraguay melawan Mali menjadi penentu siapa yang akan mendampingi Jepang ke perempat final. Selain Paraguay dan Mali, masih ada Israel yang tetap memiliki peluang lolos.

Ketiga tim tersebut sama-sama membutuhkan kemenangan demi membuka peluang ke perempat final. Bila Paraguay hanya mampu bermain imbang melawan Mali, nasib mereka masih ditentukan laga Israel yang berhadapan dengan Jepang.

Hasilnya Paraguay menang satu gol dan itu sudah cukup bagi mereka untuk melaju ke delapan besar. Paraguay mengakhiri penyisihan grup dengan menduduki peringkat dua setelah mengantungi poin enam. Mereka meraih dua kemenangan dan sekali kalah.

Pencapaian Albirroja di Olimpide memang mengesankan. Pelatih Carlos Jara Saguier memaksimalkan kuota tiga pemain senior dengan membawa kiper Roberto Fernandez (36), bek Fabian Balbuena (32) dan gelandang Angel Cardozo Lucena (29).

Hanya saja mereka melakukan start sangat buruk. Bagaimana tidak, Paraguay dibantai Jepang lima gol tanpa balas di laga pertama.

Namun Paraguay berhasil bangkit dengan mengalahkan Israel 4-2 dan kemudian menaklukkan Mali 1-0 lewat gol tunggal Marcelo Fernandez.

Di laga itu, Fernandez berhasil mencetak gol cepat. Pertandingan baru berjalan lima menit, dirinya yang menguasai bola kemudian melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti.

Setelah kebobolan, Mali berusaha bangkit untuk mengejar ketinggalan. Peluang terbaik diperoleh gelandang Ahmed Diomande. Sayangnya, tendangan salto dia bisa diamankan kiper Fernandez.

Mali kembali mendapat peluang yang seharusnya bisa menyamakan skor di babak kedua. Pemain sayap Brahima Diarra berhasil menciptakan peluang tetapi tendangannya masih melebar. Sampai akhir laga, skor tetap 1-0 untuk Paraguay.

Di perempat final, Paraguay menghadapi Mesir yang secara mengejutkan tampil sebagai juara Grup C dengan mengungguli Spanyol. Laga digelar pada Sabtu, 3 Agustus 2024 dini hari WIB.