Bagikan:

JAKARTA - Mesir harus bekerja keras mendapatkan tiket ke semifinal Olimpiade 2024. Mesir harus menyelesaikan pertandingan perempat final lewat adu penalti sebelum menang 5-4 (1-1) lawan Paraguay di Stadion Orange Velodrome, Marseille, Sabtu, 3 Agustus 2024 dini hari WIB.

Mesir secara dramatis berhasil menyingkirkan Paraguay. Di pertandingan perempat final. Mesir sempat tertinggal lebih dulu. Namun menjelang akhir pertandingan di waktu normal, The Pharaohs mampu menyamakan kedudukan.

Saat pertandingan harus diselesaikan lewat adu penalti, semua penendang berhasil menuntaskan eksekusi. Sementara dari Paraguay, striker Marcelo Perez menjadi penendang kedua yang gagal menyelesaikan tugas. Eksekusinya bisa diselamatkan kiper Hamza Alaa.

Keberhasilan Mesir lolos ke semifinal menjadikan babak tersebut didominasi tim-tim dari Afrika dan Eropa. Mesir sendiri akan menghadapi Perancis yang bertindak sebagai tuan rumah Olimpiade.

"Kami telah menuliskan sejarah. Kini, kami fokus meraih medali untuk rakyat Mesir. Ini adalah tujuan kami sejak pertama kali berlaga di sini [Olimpiade]," kata bek Karim El Debes.

"Kami bersyukur kepada Tuhan karena kami tinggal satu langkah lagi untuk mencapai target itu," ucap pemain Al-Ahly bernama lengkap Karim Mohamed Abdelhamid M Hassan ini.

Sementara, wakil Afrika lainnya, Maroko yang menghajar Amerika Serikat 4-0 bertemu tim unggulan Spanyol. Di perempat final, Spanyol menghentikan perlawanan Jepang 3-0.

Laga Mesir melawan Paraguay berlangsung ketat. Kedua tim menunjukkan kekuatan berimbang. Namun baik Mesir maupun Paraguay gagal memanfaatkan peluang di babak pertama.

Di babak kedua, pertandingan kian hidup karena masing-masing tim secara bergantian melakukan tekanan. Striker Mesir Osama Faisal sempat mengancam gawang Paraguay. Namun tendangannya ditepis dengan baik oleh kiper Gatito Fernandez.

Selanjutnya, Paraguay berhasil memecah kebuntuan setelah Diego Gomez mencetak gol di menit 71. Dirinya menuntaskan assist dari Julio Enciso yang melepaskan tendangan first-time yang indah.

Tertinggal 1-0 tak membuat Mesir kehilangan semangat. Mereka tetap berusaha bermain dengan intensitas tinggi demi menyamakan kedudukan.

Upaya tim asuhan Rogerio Micale akhirnya memberi hasil hanya dua menit menjelang waktu normal. Pemain sayap Ibrahim Adel sukses membobol gawang Paraguay di menit 88 yang mengubah skor menjadi 1-1. Ini merupakan gol ketiga Adel di Olimpiade.

Skor akhir tetap imbang sehingga dilanjutkan babak extra time. Namun tidak ada gol selama 30 menit itu yang kemudian diselesaikan adu penalti.

Mesir berhasil menuntaskan adu penalti dengan keunggulan 5-4. Mereka pun membidik final saat menghadapi Perancis di semifinal.