Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Indonesia lolos ke partai final Piala AFF U-19 2024 setelah menghajar Malaysia dengan skor tipis satu gol saja dari Muhammad Alfharezzi Buffon. Duel kedua tim berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 27 Juli malam. Indonesia dipaksa bekerja kerasa sepanjang laga.

Dalam laga ini, Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, menurunkan dua striker, Arkhan Kaka dan Jens Raven, dalam formasi 5-3-2. Indonesia memulai dengan agresif, dan Arkhan Kaka hampir membuka skor pada menit ke-3 melalui sundulan bola hasil lemparan ke dalam, namun usahanya meleset.

Figo Dennis juga mencoba peruntungannya dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-11, namun sepakan pemain nomor punggung 7 itu meleset di sisi kanan gawang Malaysia. Selama 10 menit pertama, Indonesia menguasai jalannya pertandingan sementara Malaysia, yang dikenal produktif di babak grup, lebih mengandalkan serangan cepat.

Kerja sama satu dua antara Dony Tri Pamungkas dan Kaka pada menit ke-33 menghasilkan sepak pojok. Peluang dari sepak pojok yang diambil Muhammad Kafiatur sempat disambut Muhammad Alfharezzi Buffon, namun tendangannya masih melambung tinggi.

Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, Indonesia sebenarnya banjir peluang di paruh kedua laga. Namun, baru di menit ke-78 gawang Malaysia dibobol.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-19 akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-77 melalui gol Muhammad Alfharezzi Buffon. Gol bermula dari crossing Welber Jardim di sisi kanan pertahanan Malaysia. Iqbal Gwijangge mendapatkan bola dan tendangannya yang diblok bek Malaysia memantul ke arah Buffon. Dengan posisi yang tepat, Buffon melakukan tembakan first time yang membentur tiang gawang dan memantul ke arah kiper Malaysia, Muhammad Haziq Aiman, yang akhirnya memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Gol berawal dari tembakan Iqbal yang diblok bek Malaysia dan menghasilkan bola muntah yang langsung disambar Buffon. Tembakan Buffon sempat mengenai tangan pemain Malaysia lalu menjadi gol.

Pasukan asuhan Indra Sjafri selanjutnya akan melawan Thailand di pertandingan pamungkan pada awal pekan besok. Thailand sendiri memastikan diri lolos ke laga pamungkas setelah menang tipis atas Australia melalui gol bunuh diri Dylan Paul Leonard.

Gol itu terjadi ulah blunder yang dilakukan kiper Dylan Peraic Cullen. Ia gagal mengontrol bola back pass rekannya sehingga gawangnya keolocongan.

Pertandingan final Piala AFF U19 2024 akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin, 29 Juli pukul 19.30 WIB. Duel itu didahului perebutan tempat ketiga antara Australia vs Malaysia.

Susunan Pemain

Indonesia XI: Ikram Algiffari; Muhammad Mufli Hidayat, Kadek Arel Priyatna, Muhammad Alfharezzi Buffon, Muhammad Iqbal Gwijangge, Dony Tri Pamungkas; Figo Dennis, Muhammad Kafiatur, Welber Jardim; Arkhan Kaka, Jens Raven

Malaysia XI: Muhammad Haziq; Muhamad Ridzwan, Muhammad Shafizan, Muhammad Zachary, Ariff Safwan; Danish Hakimi, Muhammad Khalil, Izzat Muhammad, Muhammad Haykal; Pavithran Gunalan, Muhammad Naim