Bagikan:

JAKARTA - Persib Bandung meladeni Persis Solo pada laga terakhir Grup A Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis, 25 Juli 2024.

Maung Bandung selaku tuan rumah harus gigit jari karena gagal meraih poin sai takluk 0-1. Ramadhan Sananta menjadi pencetak gol tunggal di laga ini.

Persis yang baru mengoleksi satu poin dari dua laga butuh kemenangan demi tiket semifinal. Sementara Persib sebetulnya cuma butuh seri lantaran sudah mengemas tiga poin.

Namun, motivasi berlipat dari Laskar Samber Nyawa membuat Maung Bandung mesti kerja keras meredam serangan lawan.

Karim Rossi mengancam pada menit ke-13 melalui tembakan dari luar kotak penalti. Sayang, usahanya masih melambung tipis.

Tekanan demi tekanan terus dilancarakan Persis. Akhirnya, pada menit ke-20 gawang Persib bobol juga.

Tembakan keras kaki kiri Ramadhan Sananta dari luar kotak penalti meluncur deras tanpa bisa dibendung Teja Paku Alam.

Ketertinggalan 0-1 membuat Persib mencoba keluar dari tekanan demi mencari gol penyeimbang. Pada menit ke-24, Dimas Drajad mendapat peluang.

Namun, sepakannya dari sudut sempit di dalam kotak penalti masih bisa diamankan Muhammad Riyandi.

Sepuluh menit kemudian giliran Beckham Putra melepas tembakan dari luar kotak penalti. Hanya saja, usahanya masih melambung.

Pada pengujung babak pertama, tepatnya menit ke-44, Riyandi tampil gemilang menyelamatkan peluang emas Persib.

David da Silva mengirim sundulan keras memanfaatkan sepak pojok, tapi masih bisa ditepis Riyandi.

Tak ada gol tercipta hingga turun minum. Persis bisa mempertahankan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, alih-alih tampil bertahan, Laskar Samber Nyawa justru memberikan perlawanan sengit.

Hal tersebut yang membuat Persib tak leluasa dalam memberikan ancaman. Mereka harus berpikir transisi yang baik agar tidak kecolongan.

Sejumlah peluang tak ada yang berbuah hasil. Tekanan Persib hingga pengujung laga selalu berhasil diredam barisan pertahan Persis.

Maung Bandung gagal menyamakan kedudukan dan harus gigit jari tanpa poin. Selain itu, kehilangan poin membuat Persib gagal melangkah ke semifinal.

Justru Persis Solo yang berhasil mengamankan tiket semifinal. Tambahan tiga poin itu membawa mereka menggusur Persib dan mengambil alih peringkat kedua dengan empat poin.

Persis bakal menemani Borneo FC melangkah ke empat besar Piala Presiden 2024.