Bagikan:

JAKARTA - Persis Solo secara luar biasa mampu menghadirkan kejutan pada laga terakhir Grup A Piala Presiden 2024. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis, 25 Juli 2024, Laskar Samber Nyawa mampu menaklukkan tuan rumah Persib Bandung dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Persis dicetak lewat tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti yang dilepaskan Ramadhan Sananta pada menit ke-20. Teja Paku Alam tak mampu membendung sepakan keras striker Timnas Indonesia itu.

Bagi Ramadhan Sananta, gol ini menjadi gol ketiganya di Piala Presiden 2024. Catatan ini juga membawa Sananta memimpin daftar pencetak gol terbanyak.

Tambahan tiga poin membuat Persis mengoleksi empat poin dan berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup A. Artinya, Laskar Samber Nyawa berhak atas tiket ke semifinal mendampingi juara Grup A, Borneo FC, yang punya tujuh poin.

Kepastian Persis meraih tiket semifinal menjadi momentum luar biasa bagi mereka. Soalnya laga empat besar dan final akan dihelat di kandang mereka, Stadion Manahan, Solo.

Milomir Seslija selaku pelatih Persis mengungkapkan kunci sukses pasukannya meraih momen apik itu.

"Kunci di laga kali ini ialah attitude yang memunculkan kepercayaan diri pemain, kami mencatat clean-sheet."

"Ada sedikit masalah di babak pertama melawan Persib, tapi kemudian dapat kami selesaikan," kata Milomir Seslija.

Memenangi laga lawan jawara Liga 1 2023/2024 menjadi catatan bagus Persis mengingat mereka diragukan lolos ke semifinal.

Laskar Samber Nyama hanya meraih satu poin dari dua laga awal ketika kalah dari Borneo FC (0-2) dan seri kontra PSM Makassar (2-2).

Namun, penampilan Persis memang mengalami peningkatan. Sempat terseok-seok di pertandingan pertama karena skema permainan yang belum jelas dan kebingungan, mereka kemudian lebih solid di laga kedua.

Bahkan, Persis sempat unggul 2-0 lebih dulu sebelum akhirnya disamakan 2-2. Kala itu, serangan sudah membaik, tinggal sisi pertahanan masih rapuh.

Puncaknya terjadi di laga terakhir Grup A. Persis memperbaiki kesalahan pada dua laga sebelumnya. Mereka semakin kokoh di sisi penyerangan dan pertahanan.

"Kami sebenarnya punya banyak peluang dibandingkan Persib. Ini baru 65 persen tim kami karena ada banyak pemain baru yang datang."

"Yang pasti keberhasilan ke semifinal ini adalah untuk suporter Persis," ucap pelatih yang akrab disapa Milo tersebut.

"Setelah ini kami istirahat dulu dan kemudian mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi. Kami akan tunggu siapa lawan kita di semifinal dan lihat saja nanti seperti apa," ujar sang pelatih lagi.