Bagikan:

JAKARTA – Setelan pakaian yang akan dipakai oleh tim Indonesia dalam acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 secara resmi sudah diungkapkan oleh sang desainer Didit Hediprasetyo, yang merupakan putra Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Foto-foto dari pengaturan itu sudah diunggah dalam akun Instagram resmi tim Indonesia pada Jumat, 26 Juli 2024, pagi WIB. Kesederhanaan filosofi desain tradisional Indonesia menjadi dasar pemikiran seragam tersebut.

"Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia," ujar Didit dalam pernyataan resmi.

Desain pakaian ini terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pelukis pionir romantisme asal Jawa. Perjalanan sang seniman dari Jawa Tengah ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 menjadi cermin kebangkitan Indonesia di panggung dunia.

Karya-karyanya pun dapat ditemukan di aula Rijksmuseum dan Louvre.

Potret seragam kontingen Indonesia saat pembukaan Olimpiade Paris 2024 (dok. NOC Indonesia).

Atlet pria nanti akan mengenakan atasan beskap. Pakaian tradisional pria Jawa tersebut dipasangkan dengan celana panjang putih. Lalu, atlet perempuan punya atasan berwarna merah dengan pengaturan celana senada dengan atlet pria.

"Desainnya mewujudkan pendekatan holistik yang menghargai kinerja atletik dan kebanggaan budaya. Setiap bagian memberi penghormatan kepada warisan budaya Indonesia yang gemilang, yang mengedepankan rasa persatuan dan rasa memiliki," tulis Vanity Fair.

Potret seragam kontingen Indonesia saat pembukaan Olimpiade Paris 2024 (dok. NOC Indonesia).

Olimpiade Paris 2024 akan dibuka secara resmi pada Jumat, 26 Juli 2024, pukul 19.30 waktu setempat atau Sabtu, 27 Juli 2024, pukul 00.30 WIB.

Indonesia tercatat punya 29 atlet yang berangkat ke Paris dari 12 cabang olahraga. Mereka ditargetkan bisa mengantongi lebih dari dua medali emas.