Bagikan:

JAKARTA – Jersey buat kontingen Indonesia yang tampil di Olimpiade Paris 2024 pada pertengahan tahun ini secara resmi dirilis. Kostum tersebut terinspirasi dari lagu Berkibarlah Banderaku.

Seragam hasil kerja desainer ternama Indonesia, Didit Hediprasetyo, itu diperkenalkan kepada publik di The Dharmawangsa Jakarta pada Kamis, 4 Juli 2024, petang WIB.

"Jadi, waktu itu saya sempat riset dan kemudian dengar lagu Berkibarlah Banderaku. Itu kemudian menjadi inspirasi pembuatan kostum ini," ujar sang desainer, yang merupakan putra tunggal dari Presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut.

Seragam resmi tim Indonesia ini terdiri dari warna dominan merah dan putih yang menjadi simbol bandera. Di bagian dada sebelah kiri, ada lambang Garuda Pancasila dibingkai dengan perisai lingkaran dan berlatar gelap.

Total terdapat dua set seragam dan merchandise resmi yang wajib digunakan saat pengukuhan dan pelepasan kontingen serta keberangkatan dan kepulangan kontingen atau acara resmi lainnya, seperti konferensi pers.

Ada juga satu set seragam motif khusus yang akan dikenakan saat penerimaan medali. Selain itu, kontingen Indonesia juga dibekali dengan set seragam tambahan yang wajib digunakan saat latihan dan area resmi lainnya.

Khusus atlet, terdapat set-set pakaian olahraga berupa t-shirt, short pants, track pants, dan jersey playing kit. Semuanya tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing cabang olahraga yang berangkat ke Perancis.

Chef de Mission Kontingen Indonesia, Anindya Bakrie, mengatakan bahwa kontingen Indonesia bisa lebih percaya diri di Paris nanti ketika tampil kostum hasil sentuhan desainer ternama itu.

"Bersyukur bisa mendapat desiner dan sponsor yang luar biasa. Ini juga tanda bahwa Indonesia ini juga bisa," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Renang Seluruh Indonesia itu.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Indonesia termasuk dalam salah satu dari 206 delegasi yang akan tampil di multievent terakbar tersebut.

Saat ini Indonesia sudah punya 29 atlet yang memastikan diri tampil di sana. Mereka ditargetkan bisa mengantongi lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan Indonesia di Olimpiade.