Bagikan:

JAKARTA - Piala Presiden 2024 akan bergulir pada 19 Juli 2024 di tiga kota penyelenggaraan, yaitu Bandung, Bali, dan Solo. Ada delapan tim peserta yang akan dibagi menjadi dua grup.

Piala Presiden 2024 menjadi pergelaran keenam sepanjang agenda pramusim ini bergulir sejak 2015.

Tahun ini, peserta yang akan meramaikan ialah Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar, Persis Solo, Arema FC, Persija Jakarta, Madura United, dan Bali United.

Kedelapan tim ini telah dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari masing-masing empat tim. Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar, dan Persis Solo tergabung di Grup A. Sementara Grup B diisi oleh Arema FC, Persija Jakarta, Madura United, dan Bali United.

Terkait klasifikasi pembagian tim di setiap grup, Ferry Paulus selaku anggota Steering Committee Piala Presiden 2024 memberikan alasannya.

Ia mengatakan bahwa ada beberapa kriteria yang dijadikan landasan untuk menyertakan sejumlah klub di atas menjadi peserta Piala Presiden 2024.

"Karena ini judulnya Piala Presiden, ada tiga tim yang harus berpartisipasi. Mereka adalah Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema FC," kata Ferry Paulus menjelaskan dalam acara Launching Piala Presiden 2024 di Kawasan Senayan pada Senin, 15 Juli 2024.

Selain itu, Ferry Paulus juga menjelaskan bahwa Persib Bandung, Persis Solo, dan Bali United disertakan dalam kompetisi karena mereka merupakan tim penghuni lokasi yang menjadi tempat penyelenggaraan. Ia juga membeberkan alasan menyertakan tim-tim lainnya dalam edisi kali ini.

"Kemudian kami juga 'kan menggunakan tiga lokasi berbeda, itu tuan rumahnya kita sertakan, ya, Persib Bandung, Persis Solo, dan Bali United."

"Lalu, ada empat peserta lagi yang ikut dengan latar belakang bahwa mereka itu peserta Piala Asia, ada Madura United, Persib Bandung, PSM Makassar, dan Borneo FC."

"Pembagian grup juga tentunya berdasarkan seeded. Lalu, yang tidak kalah penting ialah adanya resistensi rivalitas. Jadi, klub yang rivalitasnya tinggi itu jangan bertemu di awal."

"Makanya Persib Bandung dan Persija Jakarta kami pisahkan. Kemungkinan seeded lain berdasarkan peringkat dari kompetisi Regular Series (Liga 1) musim lalu," kata Ferry.

Pada Piala Presiden 2024, babak 16 besar akan digelar di dua kota, yaitu Bandung dan Bali, dengan Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion I Wayan Dipta sebagai lokasi.

Saat memasuki fase semifinal hingga final, laga akan digelar terpusat di Kota Solo tepatnya di Stadion Manahan.

Pembagian Grup Piala Presiden 2024

Grup A

Persib Bandung

Borneo FC

PSM Makassar

Persis Solo

Grup B

Arema FC

Persija Jakarta

Madura United

Bali United