Bagikan:

JAKARTA - Piala Presiden 2024 sudah rampung. Arema FC keluar sebagai juara setelah mengalahkan Borneo FC Samarinda pada laga final di Stadion Manahan, Solo, Minggu, 4 Agustus 2024.

Singo Edan menang melalui adu penalti dengan skor 5-4 usai waktu normal berakhir 1-1.

Raihan itu merupakan gelar juara keempat Arema di Piala Presiden. Singo Edan memantapkan diri sebagai tim paling sukses di pergelaran pramusim ini.

Sebelumnya, mereka sudah menjadi juara pada Piala Presiden edisi 2017, 2019, dan 2022.

Sementara itu, pertemuan dengan Borneo FC di final Piala Presiden merupakan kali kedua dalam sejarah turnamen pramusim tersebut sejak 2015.

Perjumpaan pertama Arema vs Borneo terjadi di partai puncak Piala Presiden edisi kedua tahun 2017. Kala itu, Singo Edan menang dengan skor telak 5-1.

Selain gelar juara yang diraih Arema FC, beberapa penghargaan individual juga diberikan oleh Panitia Penyelenggara Piala Presiden 2024.

Charles Lokolingoy terpilih sebagai Pemain Terbaik Piala Presiden 2024. Ia bermain apik sepanjang turnamen pramusim ini. Bahkan, Lokolingoy juga mampu mengoleksi tiga gol, satu gol di babak penyisihan grup dan dan dua gol pada semifinal.

Lokolingoy meneruskan prestasi yang diraih Adam Alis, Hamka Hamzah, dan Adilson Maringa untuk Arema saat juara pada tiga edisi sebelumnya.

Terlepas dari Lokolingoy, pemain Singo Edan lainnya yang mendapatkan penghargaan individual adalah Arkhan Fikri. Gelandang muda asal Sumatera Utara ini dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik.

Sementara gelar Top Skor Piala Presiden 2024 diberikan kepada striker Persis Solo, Ramadhan Sananta. Kendati jumlah golnya sama dengan Lokolingoy dan Leo Gaucho, yakni tiga gol, tapi Sananta memiliki menit bermain lebih sedikit.

Selain itu, Piala Presiden 2024 memberi penghargaan kepada pengadil lapangan. Wasit Terbaik jatuh kepada Yudi Nurcahya asal Kota Kembang, Bandung.

Penghargaan Piala Presiden 2024

Juara: Arema FC Malang

Runner-up: Borneo FC Samarinda

Peringkat Ketiga: Persis Solo

Peringkat Keempat: Persija Jakarta

Pemain Terbaik: Charles Lokolingoy (Arema FC)

Top Skor: Ramadhan Sananta (Persis Solo)

Pemain Muda Terbaik: Arkhan Fikri (Arema FC)

Wasit Terbaik: Yudi Nurcahya