Bagikan:

JAKARTA - Aston Villa secara mengejutkan melepas gelandang serang Moussa Diaby ke Al-Ittihad. Setelah melego Diaby, Villa langsung memburu pemain depan Atletico Madrid, Joao Felix.

Diaby sesungguhnya meraih sukses dalam debutnya di Premier League. Pemain Perancis ini direkrut dari Bayer Leverkusen dengan harga 52 juta poundsterling. Pembelian Diaby memecahkan rekor transfer klub.

Harga mahal pemain berusia 25 ini sepadan dengan kontribusinya bagi The Villans. Dirinya bermain sampai 54 kali dan mencetak 10 gol serta membuat sembilan assists.

Kolaborasi Diaby dengan strike Ollie Watkins membawa Villa menembus empat besar di Premier League Inggris dan berhak tampil di Liga Champions musim 2024/2025.

Ini penampilan pertama Villa di kompetisi kasta tertinggi Eropa sejak 1983. Saat itu Villa berstatus juara bertahan setelah mengalahkan Bayern Munchen 1-0 lewat gol Peter White, eks pelatih timnas Indonesia.

Performa gemilang Watkins tidak terlepas dari kontribusi Diaby. Hasilnya, penyerang yang memperkuat Inggris di Euro 2024 ini sukses mengemas 27 gol di berbagai kompetisi.

Meski menorehkan prestasi mengesankan, namun Villa justru melepas Diaby ke Arab Saudi. Meski pembelian itu memecahkan rekor transfer klub, harga Diaby sesungguhnya masih lebih rendah dibandingkan saat Villa membelinya dari Leverkusen. Ya, Al-Ittihad sukses memboyong Diaby dengan harga 50 juta poundsterling.

Setelah melepas Diaby, Villa segera memburu pemain. Manajer Unai Emery pun membidik Felix, pemain sayap yang tetap ditolak pelatih Diego Simeone.

Simeone tetap tak memasukkan Felix ke rancangan tim setelah kembali dari Barcelona dengan status pemain pinjaman. Ironis karena Felix merupakan pemain termahal Atletico. Pemain sayap timnas Portugal ini juga menduduki peringkat empat sebagai pemain termahal di dunia.

Barca sempat hendak mempermanenkan Felix. Namun Barca akhirnya lebih memilih memburu Nico Williams dan Dani Olmo ketimbang membeli Felix.

Villa pun mendapat kesempatan merekrut pemain berusia 24 ini untuk menggantikan Diaby. Menurut Sport, Villa sudah melakukan negosiasi dengan Atletico untuk perekrutan Felix.

Hanya belum diketahui apakah Villa menjadi klub ketiga yang meminjam Felix atau membelinya secara permanen.

Bila tercapai kesepakatan apakah dipinjam atau dibeli, Felix akan kembali ke Inggris. Sebelumnya, dia pernah dipinjam Chelsea selama setengah musim.