Bagikan:

JAKARTA - Aston Villa menjamu Liverpool pada pekan ke-27 Liga Inggris 2023/2024 di Villa Park, Selasa, 14 Mei 2024, dini hari WIB.

Enam gol tercipta di partai tersebut, masing-masing tiga untuk tiap tim.

Jalannya laga terbilang berimbang. The Reds unggul dalam penguasaan bola dengan 59 persen dan melepas 14 tembakan yang mana tujuh di antaranya tepat sasaran.

Tuan rumah sejatinya punya lebih banyak ancaman ke gawang Liverpool dengan 19 tembakan, tapi hanya lima yang mengarah ke gawang.

Aston Villa tertinggal lebih dulu ketika laga baru berjalan dua menit. Umpan silang Mohamed Salah berbelok karena Erzi Konsa gagal menghalau dengan sempurna.

Emiliano Martinez yang sudah kehilangan posisinya mencoba menjangkau bola, tapi situasi itu membuatnya tak seimbang. Dia malah membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Beruntung, The Villans menyamakan kedudukan 10 menit kemudian melalui Youri Tielemans.

Permainan kian terbuka setelah kedudukan 1-1. The Reds bisa kembali unggul melalui Cody Gakpo pada menit ke-23.

Namun, wasit sempat mengecek video assistant referee (VAR) lantaran ada potensi Joe Gomez lebih dulu offside sebelum Gakpo menceploskan bola ke gawang Villa.

Setelah pengecekan, ternyata wasit mengesahkan gol itu dan tak ada offside dalam penciptaan gol.

Skor 2-1 untuk Liverpool bertahan hingga turun minum karena dua peluang emas tuan rumah dari Moussa Diaby dan Leon Bailey pada pengujung laga tidak membuahkan hasil.

Berlanjut ke babak kedua, The Reds menjauhkan keunggulan. Jarell Amorin Quansah mencetak gol ketiga tim setelah memanfaatkan umpan Harvey Elliot dari sepak bebas.

Villa sejatinya bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-53, tapi gol tersebut dibatalkan setelah wasit mengecek VAR.

Ketika waktu normal menyisakan lima menit dan kemenangan Liverpool di depan mata, Jhon Duran menghadirkan petaka buat tamu.

Dia mencetak brace dalam tempo tiga menit, yaitu pada menit ke-85 dan ke-88.

Bahkan, Liverpool hampir kalah andai tidak ada penyelamatan gemilang Alisson Becker saat menghalau upaya Diaby.

Tidak ada gol tambahan lagi dalam 10 menit injury time. Skor 3-3 bertahan hingga usai dan kedua tim harus puas meraup satu poin.

Bagi Liverpool hasil laga menyisakan rekor minor tersendiri. Ini pertama kalinya mereka gagal menang setelah unggul dua gol hingga menit ke-84 sejak 2000.

Terakhir kali The Reds mengalami kejadian serupa ialah pada Agustus 2000 saat bermain seri 3-3 kontra Southampton di Liga Inggris.

Setali tiga uang untuk Aston Villa, khususnya Emiliano Martinez. Gol bunuh dirinya menjadi yang ketiga dan terbanyak dalam sejarah Liga Inggris.

Sementara itu, soal klasemen, Liverpool masih bertengger di peringkat ketiga dengan 79. Aston Villa tepat di bawahnya dengan koleksi 68 poin.