Bagikan:

JAKARTA - Hasil penentuan pot untuk drawing Piala AFF 2024 menunjukkan bahwa Indonesia berada satu tempat dengan Malaysia di Pot 2.

Posisi ini nantinya akan kembali diacak dalam drawing atau pengundian Piala AFF 2024 yang rencananya digelar di Hanoi, Vietnam, pada 21 Mei 2024.

Berbeda dengan Pot 2 yang diisi Indonesia dan Malaysia, Pot 1 atau unggulan ditempati oleh Thailand yang berstatus juara bertahan dan Vietnam.

Golden Star Warriors masuk ke dalam Pot 1 karena status mereka yang menempati urutan kedua dan semifinalis pada dua edisi Piala AFF terakhir.

Posisi Vietnam nyatanya sama dengan Indonesia, tapi mereka berada di Pot 1 karena memiliki posisi lebih baik di klasemen Piala AFF pada edisi 2020 dan 2022.

Bergeser ke Pot 3, ada Singapura dan Filipina yang jadi penghuninya. Selanjutnya, Myanmar dan Kamboja masuk ke Pot 4. Sementara Pot 5 dihuni Laos dan pemenang laga playoff antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Dengan pembagian pot tersebut, Indonesia tidak akan bertemu Malaysia pada fase grup. Skuad Garuda bisa bertemu dengan tim-tim, seperti Thailand dan Vietnam yang menjadi unggulan.

Piala AFF 2024 atau yang memiliki nama baru ASEAN Cup Championship baru akan berlangsung pada 23 November hingga 21 Desember 2024.

Pada ajang itu, Indonesia akan berupaya meraih gelar perdana sepanjang sejarah turnamen yang telah berlangsung sejak 1996. Pasalnya, sejauh ini prestasi tertinggi Tim Merah-Putih ialah menjadi runner-up dalam enam edisi.

Daftar Pembagian Pot Drawing Piala AFF 2024

Pot 1: Thailand dan Vietnam

Pot 2: Indonesia dan Malaysia

Pot 3: Filipina dan Singapura

Pot 4: Kamboja dan Myanmar

Pot 5: Laos dan pemenang Timor Leste vs Brunei Darussalam