Bagikan:

JAKARTA – Atlet skateboard Zheng Haohao resmi menjadi kontestan termuda di Olimpiade Paris 2024. Selain itu, dia juga jadi atlet termuda China yang pernah berkompetisi di Olimpiade.

Zheng datang ke Paris pada usia 11 tahun dan 11 bulan atau hanya empat tahun setelah dia menekuni olahraga yang berhasil membawanya menuju Perancis itu.

"Saya merasa benar-benar hebat saat bermain skateboard. Saya merasa sedikit narsis," kata Zheng sambil menyeringai dalam sebuah wawancara dengan CCTV.

Olahraga ini mulai ditekuni oleh Zheng pada saat dia berusia tujuh tahun. Ia mulai mendalami minatnya usai mendapat kado ulang tahun sebuah papan skateboard.

Zheng pada awalnya berlatih di klub lokal sebelum tim dari provinsi Guangdong merekrutnya dua tahun kemudian karena kegigihan dan kemampuannya untuk fokus dalam kompetisi.

Pada tahun 2021, Zheng pun menjadi atlet termuda yang berkompetisi di Pesta Olahraga Nasional China. Lalu pada 2023, ia mulai berkompetisi global di seri dunia dan akhirnya mendapat tiket ke Paris saat di Budapest.

Gadis dengan kuncir ekor kuda itu mengatakan bahwa dirinya datang ke Paris tahun ini dengan target bisa meraih tempat di 16 besar. Ia menyebut menang tidak sepenting bersenang-senang.

"Bagi saya, kompetisi hanyalah ajang berkumpul dengan teman-teman baik saya. Saya mengenal lebih dari 10 dari 20 pemain skateboard terbaik dunia," ujar dia.

Skateboard adalah cabang olahraga termuda di Olimpiade. Cabor itu pertama kali masuk ketika di Olimpiade Tokyo 2020, yang tertunda setahun karena pandemi corona.

Pihak berwenang China pada 2022 menambahkan olahraga yang semakin populer ini ke dalam kurikulum pendidikan jasmani nasional untuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Olimpiade Paris 2024 akan secara resmi dibuka pada Jumat, 26 Juli 2024. Adapun cabang skateboard taman mulai berlomba pada 6 Agustus 2024.