Bagikan:

JAKARTA- Tim nasional Swiss sukses menuruskan tradisi lolos ke babak perdelapan final setelah berhasil mengalahkan juara bertahan Italia dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 2-0. Dalam  berlangsung di Stadion Olimpiade Berlin, Sabtu 29 Juni, tim asuhan Murat Yakin itu  tampil dominan  dan memastikan tempat mereka di perempat final.

Pertandingan dimulai Swiss langsung menekan Italia. Pada menit ke-4, Vargas mencoba melakukan umpan silang dari sisi kiri, namun berhasil dihalau oleh pertahanan Italia. Pada menit ke-12, Xhaka mengirimkan umpan dari sisi kiri yang berhasil disambut oleh Ndoye, namun tendangannya masih belum menemui sasaran.

Italia mencoba melancarkan serangan pertama dari sisi kanan pada menit ke-16 melalui Cristante, namun umpan tariknya berhasil dihalau oleh Rodriguez. Swiss beberapa kali mendapatkan peluang emas, namun penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat mereka belum bisa mencetak gol. Pada menit ke-35, Barella menerima kartu kuning akibat pelanggaran terhadap Rieder.

Swiss akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-37. Ruben Vargas memberikan umpan ke dalam kotak penalti yang disambut oleh Remo Freuler dan berhasil membobol gawang Donnarumma, membawa Swiss unggul 1-0. Hingga akhir babak pertama, Swiss terus mendominasi dan membuat Italia kesulitan untuk menembus pertahanan mereka.

Babak Kedua

Babak kedua dimulai dengan pergantian pemain oleh Italia, Zaccagni masuk menggantikan El Shaarawy. Namun, baru beberapa menit babak kedua berjalan, Swiss berhasil menggandakan keunggulan. Pada menit ke-46, Vargas mencetak gol spektakuler dari luar kotak penalti, bola melengkung masuk ke pojok kanan atas gawang Donnarumma. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Swiss.

Italia semakin terdesak dan berusaha meningkatkan intensitas serangan. Pada menit ke-75, Scamacca hampir mencetak gol, namun tendangannya membentur tiang gawang. Sementara itu, Swiss tetap menunjukkan permainan yang solid dan terus mengancam pertahanan Italia.

Hingga akhir pertandingan, Swiss tetap dominan dan Italia gagal menciptakan peluang berarti. Pada menit ke-83, Xhaka memberikan umpan kepada Zuber yang hampir menambah keunggulan Swiss. Hingga peluit akhir dibunyikan, skor tetap 2-0 untuk kemenangan Swiss.

Statistik dan Fakta Menarik

Swiss dalam laga ini menguasai 65% penguasaan bola selama pertandingan. Terakhir kali Swiss mengalahkan Italia di kualifikasi Piala Dunia FIFA 1993 dengan skor 1-0. Sementara Italia kesulitan menciptakan peluang dan tidak mampu menembus pertahanan Swiss yang solid.

Dengan kemenangan ini, Swiss melanjutkan tradisi melaju ke babak 8 besar Euro dan kini mereka akan bersiap untuk menghadapi perempat final. Sementara itu, Italia harus mengakui kekalahan dan gagal mempertahankan gelar juara Eropa mereka.