Kualifikasi Euro 2024: Italia Menang Krusial atas Ukraina, Spanyol Juga Petik 3 Poin
Tim nasional Italia meraih kemenangan 2-1 atas Ukraina di Kualifikasi Euro 2024, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB/ (Foto: INSTAGRAM @azzurri)

Bagikan:

JAKARTA – Lanjutan laga Kualifikasi Euro 2024 berlangsung pada Rabu, 13 September dini hari WIB. Berikut ini daftar hasil lengkap pertandingan perebutan tiket ke ajang paling bergengsi di Eropa itu.

Dari Grup C, pemain Inter Milan Davide Frattesi sukses mencetak dua gol saat timnas Italia meraih kemenangan krusial 2-1 atas Ukraina untuk menjaga harapan mereka lolos ke putaran final Euro tahun depan.

Dua gol ke gawang Ukraina ini membuat Davide pun membuat sejarah. Sebelum dia, pemain Inter terakhir yang mencetak dwigol untuk Italia adalah Christian Vieri.

Catatan yang diukir Vieri tersebut terjadi pada tanggal 29 Maret 2003 saat menghadapi Finlandia dalam kualifikasi ajang yang sama.

Frattesi, yang dipinjamkan ke Sassuolo pada musim ini, mencetak dua gol dalam waktu 29 menit pertama untuk membawa Italia memimpin. Adapun satu gol balasan tim tamu diukir oleh Andriy Yarmolenko.

Kemenangan ini membuat sang juara bertahan Eropa naik ke peringkat kedua klasemen sementara grup dengan koleksi tujuh poin. Mereka tertinggal enam poin dari Inggris yang berada di posisi teratas.

Ukraina dan Makedonia Utara yang mengekor Italia di dua tempat berikutnya, juga sama-sama mengoleksi tujuh poin dari lima pertandingan. Hal ini membuat persaingan di grup ini menjadi menarik.

Nantinya hanya ada dua tim teratas di akhir fase grup yang otomatis lolos ke Euro 2024 di Jerman.

Italia akan menghadapi Malta di kandang sendiri pada laga kualifikasi berikutnya pada 14 Oktober sebelum pertandingan melawan Inggris di Wembley tiga hari kemudian.

Sementara itu dari Grup A, tim nasional Spanyol mengamankan kemenangan besar 6-0 atas Siprus. Hasil yang membuat mereka sekarang berada di posisi kedua dengan sembilan poin dari empat laga dan terpaut enam poin dari Skotlandia di posisi wahid.

Berikut ini hasil lengkap kualifikasi Euro 2024 dini hari tadi:

Spanyol 6-0 Siprus

Swiss 3-0 Andorra

Rumania 2-0 Kosovo

Israel 1-0 Belarus

Swedia 1-3 Austria

Norwegia 2-1 Georgia

Italia 2-1 Ukraina

Malta 0-2 Makedonia Utara

Belgia 5-0 Estonia