Bagikan:

Surabaya - Atlet wushu Indonesia kembali mengukir prestasi gemilang dengan menyumbangkan dua medali emas di kategori Taolu pada ASEAN University Games (AUG) 2024 yang berlangsung di Ubaya Sport Center, Surabaya, Sabtu 29 Juni. Dua medali emas tersebut diraih oleh Calista Alexandra Setiawan di nomor Taiji Jian putri dan Hanamaira Alinskha di nomor Nan Dao putri.

Calista Alexandra Setiawan tampil memukau di nomor Taiji Jian Putri dengan mengumpulkan poin 9.480, mengungguli Teo Yu CXuan dari Singapura yang meraih poin 9.470 dan Zefanya Adelia Sidharta asal Indonesia yang mendapatkan poin 9.453.

Di nomor Nan Dao Putri, Hanamaira Alinskha juga berhasil meraih emas dengan total 9.480 poin, mengalahkan Lee Sze Min Josephine dari Singapura yang mendapat 9.466 poin.

Tidak hanya medali emas, Indonesia juga menambah satu perak melalui Hendy Irmanto Juan di nomor Taiji Jian Putra dengan poin 9.470, harus mengakui keunggulan Cah Jun Kai dari Singapura yang meraih emas dengan poin 9.476.

"Ini hari kedua alhamdulillah puas banget dengan hasilnya ada pressure karena peserta sedikit jadi bener-bener ingin nomor satu. Tadi deg-degan juga karena di kejuaraan sebelumnya lawan dia juga jadi sudah dipersiapkan maksimal aja," kata Hanamaira Alinskha, atlet wushu nomor Nan Dao Putri.

Alexandra Calista Setiawan juga mengaku berusaha tampil lebih yakin setelah hanya meraih perak di nomor Taiji Quan pada hari pertama. "Kuncinya lebih yakin sama diri sendiri kalau bisa melakukan sebaik saat latihan," kata Calista.

Manajer Wushu Indonesia, Sherly Hoediono, merasa bangga melihat penampilan atletnya yang terus mendulang medali emas. "Kalau tim Indonesia main maksimal semua, ada yang sama dengan latihan dan ada yang lebih baik dari latihan," ujarnya.

Sherly juga menjelaskan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras seluruh atlet yang berlatih maksimal. Dengan tambahan dua emas ini, total sudah delapan emas yang disumbangkan oleh wushu bagi Indonesia, ditambah enam perak dan empat perunggu.