Bagikan:

JAKARTA - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) bakal mengirim perwakilan timnas Wushu ke The FISU World Univesity Games 2021 yang akan berlangsung di Chengdu, China. Dalam agenda yang berlangsung pada 28 Juli sampai 8 Agustus 2023 itu akan ada delapan wakil yang tampil.

Delapan wakil timnas wushu yang akan tampil di ajang itu terdiri dari empat atlet taolu dan empat atlet sanda. Sejauh ini, timnas wushu juga telah menjalani Training Camp (TC) di Tiongkok sejak 27 Juli lalu untuk menghadapi Asian Games 2023.

Kesiapan timnas wushu untuk menghadapi agenda di China juga disampaikan Manajer Timnas Wushu Indonesia, Novita. Ia menyebut para atlet juga sudah tiba di Chengdo pada Jumat, 28 Juli 2023.

"Timnas Wushu Indonesia siap tampil di FISU World University Games 2023. Dan, kita mengucapkan terimakasih kepada Pak Ketum Airlangga Hartarto yang penuh perhatian terhadap persiapan Timnas Wushu Indonesia,” kataya dalam rilis resmi yang diterima pada Jumat, 28 Juli.

"Seluruh persiapan Timnas Wushu Indonesia termasuk kondisi fisik atlet pun sudah dilaporkan serta keinginan mereka memberikan prestasi terbaik untuk nama bangsa dan negara Indonesia," kata Novita menambahkan.

Keterlibatan Timnas Wushu Indonesia di FISU World University Games 2023 ini dianggap penting sebagai ajang uji coba terakhir menjelang Asian Games 2023 Hangzhou.

"Di FISU World University Games 2023 sangat penting sebagai uji coba apalagi kita melihat dari daftar nama atlet yang juga turun di Asian Games 2023 Hangzhou. Terutama atlet yang berasal dari Korea, Jepang, Macao, dan Hongkong," kata Novita.

"Universiade sebelumnya Wushu hanya mendapatkan 1 perunggu, target kita sekarang memperbaiki prestasi. Mohon doa dari masyarakat Indonesia," lanjut Novita soal target.

Berikut daftar atlet timnas Wushu Indonesia yang tampil di FISU World University Games 2023:

Taolu :

  1. Edgar Xavier Marvelo (Universitas Bhayangkara Raya), nomor Changquan, Daoshu
  2. Nicholas (Universitas Eka Prasetya) Taijiquan, Taijijian
  3. Nandhira Mauriskha (Universitas Bina Nusantara) Changquan, Jianshu
  4. Zefanya Adelia Sidharta (Universitas Atmajaya Yogyakarta) Taijiquan, Taijijian

Sanda:

  1. Laksmana Pandu Pratama (Universitas Negeri Semarang) 52 Kg
  2. Bintang Reindra Nada Guitara(Universitas Negeri Semarang) 60 Kg
  3. Tharisa Dea Florentina (Universitas Negeri Semarang) 52 Kg
  4. Harry Brahmana (STIE Eka Prasetya Medan) 70kg