World University Games: Penantian 12 Tahun Tim Wushu Indonesia Berakhir Lewat Pencapaian Luar Biasa
Tim wushu Indonesia meraih hasil luar biasa di The FISU World University Games 2021 Chengdu.

Bagikan:

JAKARTA - Torehan ciamik dibuat atlet wushu Indonesia di ajang The FISU World University Games 2021 Chengdu. Tim wushu Indonesia sukses menyabet empat medali emas dan tiga perak.

Cabang olahraga wushu menjadi satu-satunya penyumbang medali untuk kontingen Indonesia.

Medali emas ini dipersembahkan atlet taolu putri Nandhira Mauriskha (dua medali), Tharisa Dea Florentina (satu medali), Laksmana Pandu (satu medali).

Sementara atlet taolu senior putra Edgar menyumbang dua medali perak dan Bintang Reindra Nada Guitara merebut satu medali perak.

Pencapaian luar biasa di The Fisu World University Games 2021 Chengdu ini terbilang spesial. Pasalnya, wushu Indonesia sudah 12 tahun tak meraih medali emas.

"Semoga prestasi ini bisa dipertahankan sampai ke Asian Games 2023 Hangzhou," ujar Manajer Timnas Wushu Indonesia, Iwan Kwok, dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis, 3 Agustus.

Tharisa sendiri mengaku sangat senang bisa menyumbang medali emas bagi Indonesia.

Dia mengaku akan kembali konsentrasi menjalani program latihan untuk menghadapi persaingan ketat di Asian Games 2023 Hangzhou nanti.

"Saya akan berusaha mempertahankan medali emas untuk kembali disumbangkan bagi Kontingen Merah Putih," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Pandu. Dia akan fokus latihan lagi untuk menatap Asian Games 2023 Hangzhou.

"Saya senang dan bangga bisa mempersembahkan medali emas bagi Kontingen Indonesia di Universiade ini. Setelah ini, saya akan kembali fokus menjalani program latihan untuk meraih medali di Asian Games 2023 Hangzhou," kata Pandu.

Sementara itu, Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto, memberikan apresiasi atas keberhasilan atletnya menyumbangkan empat medali emas dan tiga perak di The FISU World University Games 2021 Chengdu.

Dia mengatakan, ini merupakan perolehan terbesar medali emas sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia. Meski demikian, dia meminta para atlet untuk tidak terlarut dalam euforia dengan kesuksesan yang diraih.

"Saya minta jangan terlarut dengan euforia kesuksesan di The FISU World University Games. Tugas berat masih menanti di Asian Games 2023 Hangzhou. Fokus kembali latihan dan terus tingkatkan prestasi agar kembali memberikan yang terbaik bagi Kontingen Indonesia saat tampil di Asian Games 2023 Hangzhou nanti," kata Airlangga Hartarto.