Deretan Atlet Wushu Indonesia yang Berprestasi di Tingkat Internasional, Kenali Profil dan Jejak Kariernya
Atlet wushu indonesia, Edgar Xavier (Foto: PB WI)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Federasi Wushu Internasional (IWUF) kembali memilih Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaran Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 atau World Junior Wushu Championship (WJWC) 2022. Ajang internasional ini akan digelar pada 2-11 Desember di ICE BSD, Tangerang, Banten. Atlet wushu Indonesia pun dituntut untuk bisa tampil gemilang pada ajang tersebut. 

Gunawan Tjokro, Direktur Eksekutif WJWC 2022, penyelengaraan WJWC Desember nanti menjadi kali kedua Indonesia sebagai tuan rumah. Kejuaraan wushu sebelumnya digelar pada tahun 2008 di Bali. Banyaknya prestasi atlet wushu Indonesia di tingkat internasional menjadi salah satu alasan terpilih sebagai tuan rumah kembali. 

Pada WJWC 2022, Indonesia mempunyai dua target yakni sukses dalam penyelenggaraan acara dan prestasi yang diraih atletnya. Ada beberapa atlet wushu Indonesia cukup dijagokan karena sudah beberapa kali memenangkan kejuaraan.

Atlet Wushu Indonesia yang Berprestasi

Wushu menjadi cabang olahraga yang cukup sering mengharumkan nama Indonesia, selain bulutangkis dan silat. Ada banyak atlet wushu Indonesia yang berprestasi di taraf internasional. 

Lindswell Kwok

Lindswell Kwok menjadi salah satu atlet wushu Indonesia yag mempunyai segudang prestasi. Namanya sudah cukup populer bagi masyarakat Indonesia yang menyukai olahraga bela diri. 

Lindswell lahir pada 24 September 1991 di Medan, Sumatera Utara. Ia merupakan putri dari pasangan Nuraini dan Tjoa Eng Hing. Ketertarikan Lindsweel dengan wushu dimulai saat ikut kakaknya berlatih wushu. 

Lindswell telah menorehkan banyak prestasi sepanjang kariernya di dunia wushu. Pada Asian Games 2018, ia memenangkan medali emas. Ia bahkan mendapat julukan ratu wushu Asia Tenggara. Namun setelah menjuarai Asian Games 2018, ia memutuskan pensiun karena mengalami cidera lutut.

Lindswell pernah memenangkan ajang nasional saat awal kiprahnya sebagai atlet wushu. Ia pernah mendapat Medali Pra Pon  Medan 2007, Medali Perak PON Kalimantan Timur 2008, Medali Perak Junior Wushu Champ Bali 2008, Medali Emas Pra PON Makassar 2011, Medali perak PON Riau 2012 

Sementara itu, prestasi Lindswell di tingkat internasional sudah tidak diragukan lagi. Ia telah menorehkan Medali Emas SEA Games 2011, Medali Emas Islamic Solidarity Games 2013, 1st World Taijiquan Champ 2014, Medali Emas Asean Uni Games Incheon Korsel 2014, Medali Emas World Games Columbia 2013, Medali Emas Sport Accord Combat Games St. Petersburg 2013, Medali Emas World Wushu Championship Malaysia 2013, Medali Emas SEA Games Myanmar 2013.

Selain itu, ia juga pernah menyabet Medali Emas SEA Games Singapore 2015, Medali Emas SEA Games Malaysia 2017, Medali Emas Asean Games 2017 dan 2018. Selain prestasi kejuaraan, Lindswell juga mendapat Penghargaan Anugerah Olahraga Indonesia dari KONI pada 2013.  

Harris Horatius

Atlet wushu Indonesia pria yang menorehkan banyak prestasi salah satunya adalah Harris Horatius. Harris lahir 11 Oktober 1995 di Medan, Sumatera Utara. Harris telah memenangkan kejuaraan wushu baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada tahun 2019, Harris berhasil meraih dua medali emas untuk nomor Nonquan dan Nangun dalam ajang Kajurnas Pra Pon. Ia meraih medali emas pada PON XX Papua 2021. Pencapaian terbaru, ia meraih medali pwerak dalam ajang The World Games 2022. 

Edgar Xavier Marvelo

Atlet wushu Indonesia lainnya yang juga berprestasi adalah Edgar Xavier Marvelo. Edgar sudah akrab wushu sejak kanak-kanak. Saat berusia 8 tahun ia mengenal wushu dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya. Ia bergabung di sasana Harmoni Wushu Indonesia hingga berkembang menjadi atlet profesional. 

Pada tahun 2010, Edgar memenangkan Kejuaraan Wushu Yunior di Singapura. Pada tahun 2017, Edgar berhasil meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games di Kuala Lumpur. Di tahun yang sama, ia menyabet medali perak di Kejuaraan Dunia Wushu di Rusia. Pada tahun 2018, ia memenangkan medali perak Asian Games. 

Edgar telah menyabet berbagai prestasi, seperti Medali Emas SEA Games 2019. Ia juga berhasil mempertahankan gelar juara Changquan putra di Kejuaraan Dunia Wushu 2022 di Amerika Serikat. 

Itulah beberapa atlet wushu Indonesia yang berpresstasi di taraf Internasional. WJWC 2022 yang digelar Desember mendatang menjadi ajang pembuktian bagi para atlet kebanggan Indonesia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.