Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menggelar Final Stage Sirkuit Nasional–-Kejurnas Wuhsu Junior Taolu & Sanda serta Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior tahun 2024 untuk seleksi atlet Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2024.

Kejurnas ini berlangsung di GOR Tennis Indoor, Senayan, Jakarta. Total ada ratusan atlet tampil selama lima hari sejak Rabu, 3 Juli sampai Sabtu, 7 Juli 2024.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, dalam sambutan ketika membuka acara itu berharap ajang ini bisa melahirkan atlet belia yang siap berprestasi di acara-acara penting bertaraf internasional.

"Kami selaku Pemerintah yang menaungi olahraga tentunya sangat mengapresiasi wushu Indonesia yang mana hari ini mengadakan Kejurnas Wushu Junior," katanya.

Dito lebih lanjut mengatakan bahwa prestasi dari cabang olahraga wushu belakangan ini semakin menggembirakan. Karena itu, ia berharap cabor ini bisa konsisten berkontribusi.

"Jadi, wushu menjadi olahraga yang menjaga tradisi dan diharapkan selalu memberikan medali emas yang banyak," ujar dia.

Total ada sebanyak 300 atlet yang mengikuti ajang ini. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari kurang lebih 1.000 atlet dari seluruh pelosok Indonesia.

Sebanyak 60 atlet-atlet junior terbaik dari Kejurnas ini akan masuk ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk Kejuaraan Dunia Wushu Junior Kesembilan yang diselenggarakan pada 22-30 September 2024 di Brunei Darussalam.

"Setelah Kejurnas ini kami akan menetapkan tim untuk menyiapkan Kejuaraan Dunia Junior nanti," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Wushu Indonesia, Ngatino.

Sebelumnya, Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior edisi kedelapan pada 2022. Pada saat itu, perhelatan berlangsung di Kota Tangerang.

Saat menjadi tuan rumah, Indonesia mengirim sebanyak 23 atlet terbaik hasil seleksi nasional. Dari jumlah itu, Indonesia pun sukses menempati peringkat ketiga dengan raihan 10 medali emas, dua perak, dan lima perunggu.

Selain itu, wushu Indonesia juga mencatat prestasi menggembirakan pada Kejuaraan Wushu Junior Asia di Macau pada Agustus 2023. Ketika itu, wushu junior Indonesia berhasil meraih enam emas, 14 perak, dan 10 perunggu.