Bagikan:

JAKARTA – Pengurus Besar Esport Seluruh Indonesia (PB ESI) siap menggelar Liga Esport Nasional 2024 dengan hadiah yang disiapkan berada di angka Rp3,2 miliar.

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini mulai dibuka secara gratis dari Kamis, 27 Juni 2024, sampai 22 Juli 2024. Mobile Lengend akan menjadi maintitle dari ajang ini bersama empat esport ekshibisi lainnya.

Wakil Bendahara Umum PB ESI, Ashadi Ang, mengatakan bahwa Liga Esport ini merupakan langkah strategis dari federasi untuk meningkatkan ekosistem esport di Indonesia.

"Liga Esport Nasional ini juga memberikan dampak positif bagi pemberdayaan lintas sektor, seperti ekonomi kreatif, pendidikan, dan budaya," kata Ashadi dalam konferensi pers di Kantor PB ESI, Gandaria 8 Office Tower, Jakarta, Kamis, 27 Juni 2024.

Total ada tiga tahap kompetisi yang dijalankan oleh PB ESI musim ini, dimulai dari Liga 3. Pendaftaran di tahap ini dibagi dalam tiga jalur, yaitu Solo, Pro Tim, dan Terbuka. Periode pendaftaran keempat jalur tersebut sama semua dari 27 Juni 2024 sampai 22 Juli 2024.

Semua tim dari Liga 3 ini nanti akan menjalani kualifikasi secara online di rentang waktu 30 Juli 2024 sampai 21 Agustus 2024. Dua tim terbaik dari masing-masing jalur kemudian akan mendapat tiket tahap kedua di Liga 2.

Di sana, mereka akan bersaing dengan 12 tim Liga 2 dari musim sebelumnya untuk merebut dua tiket tahap terakhir Liga 1. Di tahap terakhir ini, total ada 14 tim berkompetisi dan enam di antaranya akan melaju ke playoff.

Untuk tahap kedua dan ketiga, kompetisi sudah digelar secara offline. Lokasi pertandingan nanti akan berlangsung di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Anggota Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Krisna Bayu, berharap ajang ini berguna sebagai wadah persiapan atlet-atlet Indonesia untuk bersaing di level lebih tinggi.

"Kami berharap ketua umum (PB ESI) bisa berkoordinasi dengan internasional agar secepatnya esport ini bisa segera masuk ke cabang olahraga Olimpiade," ujar dia.

Empat game lain yang hadir dengan predikat sebagai ekshibisi untuk menemani maintitle Mobile Legend Bang Bang adalah Battle of Guardians, Wardeka Battleground, eFootball, dan Tekken 8.