Rebut Enam Medali di SEA Games 2021, Ini Bonus dari Presiden Jokowi untuk Atlet Esports Indonesia
Presiden RI Joko Widodo berikan apresiasi dan bonus kepada atlet yang bertanding di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam (foto: dok. Twittee Sekertariat Kabinet)

Bagikan:

JAKARTA -  SEA Games 2021 telah berakhir. Timnas Esports Indonesia berhasil mendapatkan total enam medali dari  delapan nomor pertandingan dengan 10 kategori. 

Adapun rincian perolehan medali Timnas Indonesia adalah dua emas, tiga perak, dan satu perunggu. Dua emas berhasil direbut oleh kategori Free Fire dan PUBG Mobile untuk kategori tim.

Tiga perak dari kategori Free Fire, PUBG Mobile Solo dan Mobile Legends: Bang Bang, dan satu perunggu dari kategori Crossfire. 

Senin, 13 Juni, Presiden RI, Joko Widodo, menerima sekaligus memberikan bonus apresiasi kepada para atlet SEA Games ke-31 Vietnam, di Istana Merdeka. 

"Dari 499 atlet, 408 memperoleh medali. Artinya, 82 persen atlet yang kita kirimkan ini membawa medali pulang ke Tanah Air. Kalau kita lihat, seperti yang saya sampaikan yang lalu sebelum berangkat, 2015 kita peringkat ke-5, 2017 peringkat ke-5, 2019 peringkat ke-4, dan sekarang kita masuk peringkat ke-3 meskipun kita hanya mengirimkan 499 atlet," ujar Presiden dikutip dari instagram @timindonesiaofficial.

Selain memberikan apresiasi, Jokowi juga menyerahkan bonus kepada para atlet, pelatih, dan asisten pelatih. Para atlet SEA Games 2021 diberikan uang dengan total kurang lebih Rp130,5 miliar. Sedangkan pelatih dan asisten pelatih sebesar Rp32 miliar. 

Jokowi memberikan bonus dan apresiasi secara simbolis kepada para perwakilan atlet peraih medali dari 9 cabang olahraga. Untuk cabor Esports, Jokowi memberikannya kepada Gian Kurnadi, peraih medali perunggu beregu cabang olahraga esport, bonus Rp105 juta.