Bagikan:

JAKARTA – Venezuela memastikan diri lolos ke perempat final Copa America 2024 setelah di laga kedua fase grup mengalahkan Meksiko.

Anak-anak asuh Fernando Batista itu mengemas kemenangan tipis 1-0 dalam laga kedua Grup B yang berlangsung di Inglewood, Amerika Serikat, Kamis, 27 Juni 2024, pagi WIB.

Gol tunggal tersebut dijaring oleh Salomon Rondon pada menit ke-57 melalui titik penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Julian Quinones melanggar Jon Aramburu.

Hasil ini membuat Venezuela total sudah mengumpulkan enam poin dari dua laga. Sebelumnya di pertandingan perdana, mereka mendapat tiga poin usai menekuk Ekuador 2-1.

Venezuela dipastikan sudah lolos ke fase gugur sekalipun nanti kalah di laga terakhir melawan Jamaika pada Senin, 1 Juni 2024, pagi WIB.

Seandainya kalah maka poin Venezuela akan sama dengan salah satu pemenang dari Meksiko versus Ekuador.

Penentuan siapa yang menjadi juara grup akan melalui perhitungan menurut Regulasi Pasal 24. Selisih gol semua pertandingan menjadi penentu setelah poin di klasemen sama.

Jika masih seimbang, masih ada jumlah gol di semua pertandingan yang akan masuk perhitungan. Berikutnya ialah head-to-head antara dua tim yang bersaing merebut juara grup.

Venezuela menjadi tim kedua yang mengunci tiket ke babak gugur. Sebelumnya, tim pertama yang memastikan diri lolos ialah Argentina.

Sementara itu, kemenangan Venezuela ini membuat Jamaika sudah dipastikan tersingkir dari babak grup. Tiga angka di laga terakhir akan sia-sia buat Reggae Boyz.