Bagikan:

JAKARTA – Sebanyak enam tim berhasil lolos ke babak playoff Liga 1 Esport Nasional 2024. Mereka pun akan bertarung untuk melahirkan legenda cabang olahraga tersebut.

Puncak akhir perjalanan dari kompetisi tersebut secara resmi dimulai sejak Jumat, 25 Oktober 2024, dan berlangsung hingga Minggu, 27 Oktober 2024, di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Direktur Event PT Esports Super Indonesia, Wim Reynaldo Bacas, membuka acara dengan menyoroti antusiasme dan semangat tinggi di kalangan tim yang bertanding.

"Kami bangga bahwa setelah melalui berbagai tahapan, enam tim terbaik ini telah muncul dan siap bersaing di babak playoff," ujar Wim dalam keterangan yang diterima.

Kompetisi ini memulai perjalanan panjang mulai dari Liga 3 yang berlangsung sejak Juni 2024 hingga akhirnya tiba di Liga 1 dengan format group stage. Total peserta pun mencapai 20 ribu tim.

Keenam tim yang lolos itu adalah Mahadewa, Kings, Dewa United Hades, Evos Holy, Onic Miracle, dan Donkey.id X GPX.

Selama acara puncak, tim-tim ini akan berjuang dalam sistem eliminasi langsung.

"Liga ini bukan hanya tentang persaingan ketat, tetapi juga sarana untuk melahirkan talenta-talenta baru yang dapat membawa kejayaan di pentas nasional dan internasional," ujar Wim.

Liga Esports Nasional tahun ini menawarkan total hadiah senilai 3,2 miliar rupiah, yang dibagi di antara para peserta termasuk keenam tim yang telah mencapai playoff.

Selain turnamen utama yang mempertandingkan Mobile Legends: Bang-Bang, penyelenggara juga menggelar turnamen ekshibisi untuk sejumlah game, di antaranya Free Fire, Tekken, dan eFootball.

Pada 2024, kompetisi ini juga berjalan dengan sistem promosi dan degradasi. Itu membuat sebagian tim dari Liga 2 promosi ke Liga 1, ada yang degradasi ke Liga 3, dan keluar dari jalur Liga 2.

Liga 1 Esport Nasional 2024 ini juga bertujuan mempersiapkan calon-calon atlet nasional yang dapat membawa nama Indonesia di ajang esports internasional pada 2025.