Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, masih punya catatan untuk anak asuhnya meski berhasil menang 3-0 atas Filipina U-16 pada laga kedua grup Piala AFF U-16 2024.

Timnas Indonesia U-16 berjumpa Filipina di laga kedua Grup A di Stadion Manahan, Solo, pada Senin, 24 Juni 2024, malam WIB.

Pada laga itu anak asuh Nova Arianto menang berkat gol Evandra Florasta dan brace Mierza Firjatullah.

Nova tak lupa mengapresiasi kerja keras pasukannya yang bisa mendulang kemenangan kedua di grup.

"Kami bersyukur pemain bisa berjuang dengan maksimal sehingga kita bisa meraih tiga poin," ucapnya dalam keterangan dikutip Selasa, 25 Juni 2024.

“Kami sudah memperkirakan dari awal, masalah fisik dari tim Filipina tadi pada menit ke-70 itu terlihat sudah mulai turun (permainanya)," tutur Nova.

Walau meraup tiga poin, pertandingan berjalan cukup sulit. Pertahanan kokoh Filipina U-16 membuat Indonesia U-16 tidak bisa mencetak gol hingga sejam laga berjalan.

Gol Garuda Muda baru tercipta pada menit ke-65 sebelum akhirnya bertambah pada menit ke-71 dan 90+2.

Nova menilai kesulitan yang dialami pasukannya karena kurang kreatif. Ia pun meminta anak didiknya lebih kreatif lagi demi langkah lebih jauh di turnamen yang punya nama lain ASEAN Championship U-16 itu.

"Sekali lagi saya bilang, ini pertandingan yang tidak mudah. Tidak mudah buat kami karena kami bisa melihat secara pertahanan pemain-pemain Filipina U-16 membuat compact defense di lini di belakang," tuturnya.

"Sebenarnya itu sudah kami perkuat itu di latihan, tetapi saya minta pemain harus lebih berkembang lagi. Dengan situasi lawannya melakukan compact defense di belakang, pemain harus lebih kreatif untuk bisa keluar dari situasi itu," ujar Nova lagi.

Tiga poin yang diraih atas Filipina U-16 ini memperbesar peluang Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke babak semifinal. Dari dua laga yang berujung kemenangan, Garuda Muda kini memimpin klasemen Grup A dengan enam poin.

Selanjutnya, Putu Panji dan kawan-kawan akan menghadapi Laos U-16 sebagai laga penentuan juara grup. Partai ketiga Grup A tersebut akan digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis, 27 Juni 2024, malam WIB.