Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Laos U-16, Kanlaya Sysomvang, sesumbar bahwa timnya bakal mengalahkan Timnas Indonesia U-16 di laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2024 atau ASEAN Championship U-16.

Kepercayaan diri itu lahir lantaran Laos U-16 sukses memetik dua kemenangan beruntun sebelumnya. Saat mengawali turnamen kontra Filipina U-16, mereka menang 3-0. Lalu, mereka menekuk Singapura U-16 dengan skor 2-1.

Usai mengantongi modal mumpuni itu, Laos U-16 masih harus menghadapi Indonesia U-16 selaku tuan rumah di laga pemungkas Grup A.

Partai terakhir itu akan menjadi ajang perebutan juara grup sekaligus tiket otomatis ke fase gugur alias semifinal.

Sang pelatih pun tak segan menyebut bisa mengalahkan Garuda Muda pada Kamis, 27 Juni 2024, di Stadion Manahan, Solo.

"Saya mengerti tim kami bisa lebih kuat dari mereka (Timnas Indonesia U-16) karena kami bisa meraih dua kemenangan. Pertama melawan Filipina U-16, kedua lawan Singapura U-16," kata Kanlaya Sysomvang dalam keterangan dikutip Rabu, 26 Juni 2024.

"Kami bisa mengalahkan tuan rumah di grup ini. Soal grup lain, mereka tidak terlalu kuat. Jadi, kami bisa jadi tim terbaik, seperti Thailand, Australia, Vietnam," ujarnya sesumbar.

Setelah menang atas Filipina U-16 di laga perdana, tren positif Laos U-16 berlanjut di partai kedua kontra Singapura U-16 pada Senin, 24 Juni 2024.

Tampil di Stadion Manahan, Solo, tim asuhan Kanlaya sempat tertinggal lebih dulu melalui eksekusi penalti Andy Reefqi pada menit ke-11.

Namun, Laos U-16 akhirnya bisa comeback melalui gol yang dicetak Phayak Siphanom (19') dan Bounpaseut Sengsavang (56').

Kemenangan ini membuat Laos U-16 berada di urutan kedua klasemen Grup A dengan catatan enam poin. Jumlah tersebut sama dengan milik Timnas Indonesia U-16 hanya beda selisih gol.

Setelah mengalahkan Singapura U-16, Kanlaya Sysomvang tak lupa memberi selamat kepada anak asuhnya. Ia mengatakan bahwa hasil dari laga yang diakuinya cukup sulit itu tak lepas dari keyakinan pemain.

"Jadi, yang bisa saya katakan adalah bahwa ini (lawan Singapura U-16) adalah laga yang bagus. Kami merasa beruntung karena meraih hasil ini dengan perjuangan yang sulit," ujar sang pelatih.

"Kami sangat senang dengan hasil ini. Seperti yang saya katakan tadi, saya ingatkan pemain untuk yakin karena kami kebobolan duluan. Lalu, kami bisa mencetak dua gol."

"Tentu kami sangat senang, saya ucapkan selamat kepada para pemain yang bertarung dan berhasil mencetak dua gol. Mereka bisa bangkit. Selamat untuk para pemain," tuturnya.