Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengaku tak banyak menguasai peta kekuatan Filipina U-19 jelang laga perdana Grup A di Piala AFF U-19 2024.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Filipina U-19 pada Rabu, 17 Juli 2024, pukul 19.30 WIB di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Indra Sjafri mengakui bahwa dirinya memang tak banyak memiliki informasi soal lawan jelang perjumpaan itu.

"Saya terus terang, saya jujur, saya tidak tahu persis pemain Filipina U-19 sebenarnya," kata Indra Sjafri dalam keterangan sebelum laga dikutip pada Rabu, 17 Juli 2024.

Pelatih 61 tahun itu terang-terangan mengatakan bahwa pihaknya hanya mendapat dua video pertandingan Filipina U-19 tanpa disertai data spesifik.

"Beberapa pemain memang yang secara kualitas perlu diwaspadai. Namun, secara spesifik saya tidak punya data sama sekali tentang mereka karena jarang pertandingan-pertandingan mereka yang disiarkan televisi," ucapnya.

Meskipun minim dengan informasi tim lawan, Indra Sjafri tetap optimistis Skuad Garuda Muda mampu meraih poin penting di laga perdana mereka. Ia menekankan pentingnya mentalitas itu.

"Optimistis itu 'kan perintah. Optimistis itu keyakinan dan saya selalu mengajarkan. Kalau pelatihnya tidak optimistis, bagaimana pemainnya? Optimistis itu 'kan niat, niat 'kan keyakinan. Benar atau tidak? Kalau tidak optimistis, Tuhan marah," tutur Indra Sjafri.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan bahwa yang terpenting ialah untuk fokus menyiapkan strategi bagi tim sendiri. Menghadapi Filipina U-19, Indra Sjafri telah menyusun rapi strategi di setiap fase turnamen, termasuk babak penyisihan grup.

"Jadi, saya sudah bilang tadi, kami punya namanya game plan dan taktik. Di dalam turnamen, kami punya strategi. Lolos di grup harus seperti apa, nanti di semifinal seperti apa, dan final seperti apa," katanya.

"Oleh sebab itu, pertandingan pertama lawan Filipina U-19, saya sudah bicara kepada semua pemain harus benar-benar siap dan fokus untuk bisa mengambil poin."

"Di grup A ada empat (tim), main tiga (pertandingan), tiga-tiganya harus menang jika ingin lolos secara langsung, tidak dari (peringkat) tiga terbaik," tutur sang pelatih.

Indra juga memastikan bahwa seluruh pemainnya dalam kondisi fit dan siap tempur. Ia pun mengajak para suporter untuk menikmati jalannya pertandingan di laga perdana grup Piala AFF U-19 2024.

"Fit semua (pemain) dan bisa dilihat sendiri, tidak ada satu pun pemain yang cedera. Mereka dalam top performa. Selamat menikmati pertandingan nanti," ujarnya.