Bagikan:

JAKARTA - Manajer Spanyol, Luis de la Fuente, mengatakan bahwa Spanyol tidak boleh terlalu percaya diri dengan peluang mereka meraih gelar Euro 2024. Padahal  tim lapis kedua mereka berhasil mengalahkan Albania 1-0 pada Senin, 24 Juni atau Selasa dini hari WIB sehingga menyelesaikan fase grup dengan sempurna.

Setelah kemenangan melawan Kroasia dan juara bertahan Italia yang sudah memastikan tempat Spanyol di babak 16 besar sebagai juara Grup B, De la Fuente melakukan 10 perubahan dalam susunan pemain dan mereka masih berhasil mengamankan kemenangan ketiga berturut-turut, semuanya dengan clean sheet.

Ketika ditanya tentang timnya yang dianggap sebagai favorit untuk memenangkan turnamen, De la Fuente mengatakan bahwa meskipun menyambut pujian, timnya tidak akan terjebak dalam kepercayaan diri yang berlebihan.

"Kita semua bebas untuk bermimpi... tetapi kita harus tetap berpijak pada kenyataan - dianggap sebagai favorit tidak menjamin apa-apa," katanya dalam konferensi pers.

"Kami senang bahwa orang menghargai pekerjaan yang kami lakukan dan mengakui bakat generasi ini. Itu berarti kami dianggap baik. Memenangkan ketiga pertandingan, clean sheet dalam ketiga pertandingan itu, sangat sulit... Tetapi mari kita tetap rendah hati. Kami tahu bagaimana keadaan di Spanyol... suatu hari Anda di puncak dan hari berikutnya Anda tidak berharga," ujarnya.

De la Fuente senang bisa memberikan kesempatan bermain kepada semua pemain kecuali kiper pilihan ketiga, Alex Remiro, di fase grup dan yakin timnya siap untuk babak knockout meskipun tidak suka harus menunggu untuk mengetahui siapa lawan mereka berikutnya.

"Jika kami sudah tidur dua atau tiga jam sehari, sekarang kami harus melewati malam tanpa tidur karena waktu yang singkat untuk mempelajari lawan berikutnya," kata De la Fuente.

"Tentu saja kami masih bisa berkembang, ini adalah prinsip yang kami tanamkan di ruang ganti. Kami tidak puas dan kelompok ini sangat ambisius. Tapi bagaimanapun, kami akan siap secara mental dan siap untuk mengerahkan segalanya untuk mengatasi pertandingan ini... Tentu saja kami akan siap," jelasnya. 

"Rencana permainan kami berjalan sesuai harapan. Kami memiliki banyak energi. Situasi menjadi lebih sulit setelah jeda, dan kami menghadapi beberapa kesulitan. Kami memiliki ruang untuk berkembang, tetapi kami memiliki generasi pemain yang luar biasa yang ingin terus memperbaiki diri. Ketika Anda bermain melawan yang terbaik, Anda harus berada dalam performa terbaik Anda," kata De La Fuente tentang kebijakannya menurunkan pemain pelapis. 

De la Fuente juga berbicara tentang babak berikutnya: "Kami perlu menunggu hingga hari Rabu mungkin untuk mengetahui siapa yang akan kami hadapi [di babak 16 besar], tetapi kami akan siap secara mental untuk menghadapi mereka."