Bagikan:

JAKARTA - Rekor sembilan kemenangan Spanyol terhenti setelah bermain imbang 0-0 melawan Serbia di laga League 1 Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Rajko Mitic, Beograd, Jumat, 6 eptember 2024 dini hari WIB.

Juara Euro 2024 Spanyol harus mengakhiri tren gemilang setelah gagal menang di pertandingan Nations League. Spanyol menunjukkan konsistensi yang menjadikan mereka selalu memetik kemenangan sejak babak kualifikasi dan kemudian berlanjut di Euro 2024.

Saat berlaga di Piala Eropa, Spanyol melakoni tujuh laga termasuk final melawan Inggris yang dimenangkan tim asuhan Luis de la Fuente 2-1. Hanya setelah performa cemerlang La Roja di Euro 2024, mereka tak bisa melanjutkannya saat mengawali pertarungan di Nations League.

Di ajang tersebut, Spanyol juga bertindak sebagai juara bertahan. Di laga itu, De la Fuente tak bisa menurunkan skuat terbaik menyusul absennya kapten Alvaro Morata yang cedera dan gelandang Rodri yang terkena sanksi larangan bermain.

Sementara, Nacho sudah pensiun dari timnas dan kiper Unai Simon belum pulih dari cedera. Posisi Simon pun digantikan kiper Arsenal David Raya .

Tampil di kandang lawan, Spanyol tetap menunjukkan dominasinya. Bahkan mereka melepaskan 22 tendangan ke gawang. Namun tidak ada satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol.

Di babak pertama, Spanyol masih kesulitan menghadapi soliditas permainan Serbia. Mereka hanya melakukan dua tendangan. Sebaliknya, Serbia nyaris unggul lewat Luka Jokic. Hanya saja striker AC Milan ini gagal memanfaatkan peluang emas tersebut.

Memasuki babak kedua, Spanyol sepenuhnya mendominasi. Bahkan penguasaan bola Spanyol mencapai 76%. Hanya saja, mereka tak bisa memaksimalkan setiap peluang untuk dikonversi menjadi gol. Termasuk tendangan voli Dani Carvajal dari jarak dekat.

Peluang terbaik juga diperoleh pemain muda Lamine Yamal. Hanya saja bintang Barcelona gagal menuntaskan peluang yang diperolehnya. Skor imbang tanpa gol bertahan sampai pertandingan usai.

"Kami lemah di setiap aspek, terutama di babak pertama," kata De la Fuente usai pertandingan.

"Di babak kedua, penampilan kami sudah lebih baik tetapi kami tetap tak bermain efektif di depan. Kami seharusnya memetik hasil lebih baik tetapi pemain sepertinya mengalami kelelahan. Kami bermain dengan cuaca yang panas dan ni mengakibatkan kami kehabisan napas," ucap dia lagi.

Meski gagal menang di kandang lawan, De la Fuente tak kecewa. Apalagi, Spanyol baru melakoni laga pertama di Nations League.

"Saya tak cemas dengan hasil tersebut. Apalagi ini tak ubahnya laga pramusim. Ini masih awal musim dan pemain memang melakoni laga dengan jadwal yang cukup padat. Kami masih dalam proses dan bakal terus melangkah," kata De la Fuente.

Hasil imbang itu menggagalkan Spanyol menguasai puncak klasemen Grup 4. Mereka berbagi poin dengan Serbia. Sementara, Denmark bertengger di posisi teratas setelah menang 2-0 atas Swiss.