Bagikan:

JAKARTA - Toyota resmi memasarkan Hilux Rangga pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 lalu. 

Mobil yang sebelumnya dinamai ‘Rangga Concept’ ini juga dipasarkan di beberapa wilayah Asia Tenggara, salah satunya Filipina dengan nama Tamaraw dan Thailand yang mengusung label Hilux Champ. Mobil ini juga memiliki kebolehan lain yaitu bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Ambil contoh salah satu perusahaan konversi kendaraan asal Thailand bernama Carryboy. Mobil pikap tersebut diubah menjadi penginapan berjalan layaknya motorhome.

2

Melansir dari Top Gear Philippines, Rabu, 4 September, model tersebut dikonversi menjadi rumah berjalan dengan menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga.

Dengan basis kabin dan sasis yang kuat, Carryboy berhasil mengubah pikap ini menjadi sebuah hunian yang nyaman dan fungsional.

Di belakang, mobil ini diberi kotak berukuran panjang sekitar lima meter, lebar dua meter, dan tinggi di bawah tiga meter untuk mematuhi undang-undang di negara Thailand mengenai jenis kendaraan ini.

Tampilan eksteriornya juga diperbarui dengan kaca spion luar yang diperbesar, atap yang menampilkan pemandangan langit, serta sistem tenda listrik. Selain itu, pikap tersebut juga memiliki sejumlah perlengkapan seperti rumah pada umumnya.

Terdapat jendela pop-out yang memungkinkan angin masuk ke area kabin untuk mendinginkan ruang kabin, sementara terdapat tangga yang dapat membawa beberapa orang ke atas atap maupun dek.

3

Di dalamnya juga terpasang alat masak geser serta wastafel untuk mencuci perlengkapan dapur dan alat makan. Mobil ini juga dilengkapi dengan tangki propane ditambah tangki sebesar 120 liter sebagai pasokan air bersih.

Mobil ini dimodifikasi menjadi lebih fungsional yang dapat berfungsi sebagai ruang tamu maupun ruang makan di belakang. Setelahnya, kendaraan ini juga dapat dialihfungsikan menjadi tempat tidur atau sofa.

Motif interior akan tergantung pada preferensi pelanggan. Ada dua pilihan warna, two tone light wood atau two tone dark wood. Pada rumah berjalan ini, ada tumpukan lemari dan ruang penyimpanan di tempat tinggal. Sementara, kamar mandi sudah termasuk dalam paket dengan shower yang ditambahkan pemanas.