Bagikan:

JAKARTA - Spanyol mengawali pertarungan mempertahankan gelar juara di UEFA Nations League menghadap Serbia. Pelatih Luis de la Fuente menyatakan Spanyol tetap memiliki semangat dan motivasi menang usai menjadi juara Euro 2024.

Spanyol menargetkan menang saat menyambangi tuan rumah Serbia dalam pertandingan League A Grup 4 di Stadion Rajko Mitic, Beograd, Jumat, 6 September 2024 dini hari WIB. De la Fuente memastikan La Roja tidak akan berubah. Spanyol kemungkinan mengalami kejenuhan setelah memenangi dua trofi penting, Nations League dan Piala Eropa.

Namun De la Fuente memastikan Spanyol tetap merupakan tim yang kompetitif. Apalagi, Dani Olmo dkk sesungguhnya belum menampilkan performa puncak. Bahkan di laga final Euro saat mengalahkan Inggris 2-1, De la Fuente mengakui Spanyol tidak menunjukkan penampilan terbaik.

"Tim ini tidak akan pernah puas. Kami menunjukkan sebagai tim yang kompetitif dan tidak kenal lelah. Mereka tetap memiliki motivasi memenangkan setiap pertandingan. Lagipula performa terbaik mereka belum muncul," ucap De la Fuente.

"Saya melihat pemain tetap fokus namun ambisi dan kepercayaan diri mereka tak berlebihan. Pemain tetap akan menginjakkan bumi. Mereka hanya ingin terus tumbuh dan berkembang. Menurut saya kami tak sulit untuk move on dan menatap laga berikutnya," kata dia lagi.

Spanyol tampil maksimal saat menjuara Piala Eropa di Jerman. Dengan memadukan pemain senior seperti Dani Carvajal dan bintang muda Lamine Yamal, Spanyol selalu memenangkan tujuh pertandingan Euro 2024.

Bahkan mereka sukses membabat tm-tim unggulan seperti Jerman dan Perancis. Ini yang menjadikan Spanyol pantas memenangi trofi Eropa untuk keempat kalinya sekaligus pemegang rekor terbanyak menjadi juara.

Menurut De la Fuente kunci keberhasilan Spanyol adalah menguatkan mentalitas pemain dengan mengubah ambisi menjadi sebuah obsesi.

"Saya mendapat kehormatan melatih para pemain yang sangat istimewa dan ini menjadi kebanggaan terbesar karena tahu bagaimana menangani mereka. Kami menunjukkan sebagai tim yang berkembang dan selalu menikmati setiap pertandingan. Kami hanya tahu bagaimana menikmati apa yang kami lakukan dan berusaha memenangkannya," ujar De la Fuente.

"Ini yang menjadikan kami selalu bekerja keras agar pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaik. Kami berusaha membantunya karena mereka memang merupakan yang terbaik di Spanyol," ujarnya.

Spanyol melakoni dua laga tandang di Nations League. Setelah menghadapi Serbia, mereka meladeni tuan rumah Swiss, Senin, 9 September 2024 dini hari WIB.

De la Fuente bakal melakukan perombakan pada skuat. Morata sudah pasti tidak masuk skuat setelah mengalami cedera otot saat melakukan debut bersama AC Milan. Begitu pula Mikel Merino dan Fermin Lopez bakal absen di dua laga tersebut.

Sementara, Jesus Navas sudah pensiun dari timnas. Posisi kiper diambil alih David Raya karena Unai Simon tidak masuk skuat.

De la Fuente tetap berharap Yamal bisa tampil meski mengalami cedera di pertandingan Barcelona. Dia akan menjadi starter di laga tersebut.