Bagikan:

JAKARTA - Duel dua tim elite, Belanda melawan Perancis,  berakhir imbang 0-0. Belanda gagal mengalahkan Perancis setelah gol Xavi Simons dianulir dalam laga Grup D di Stadion Leipzig, Sabtu, 22 Juni 2024 dini hari WIB.

Laga di Euro 2024 yang untuk kali pertama berakhir tanpa gol. Meski melibatkan dua tim yang pernah menjadi juara Eropa, namun itu bukan jaminan tercipta banyak gol.

Dalam pertandingan itu pelatih Perancis Didir Deschamps tidak menurunkan kapten Kylian Mbappe yang mengalami cedera patah hidung saat Perancis menang tipis 1-0 atas Austria.

Meski pemain yang bergabung dengan Real Madrid bisa tampil dengan memakai penutup wajah untuk melindungi hidungnya, namun Deschamps memilih membangkucadangkan Mbappe. Dia pun tak juga dimainkan sebagai pemain pengganti.

Hasil imbang itu menjadikan kedua tim sama-sama mengantungi poin empat. Hanya Belanda yang bertengger di puncak klasemen karena unggul selisih gol. Sementara, Perancis menempati peringkat dua.

Austria yang mengalahkan Polandia 3-1 menempati posisi ketiga. Sedangkan Polandia menjadi tim yang sudah tersingkir setelah dua kali menelan kekalahan. Mereka belum meraih poin selama penyisihan grup.

Baik Belanda maupun Perancis belum lolos ke fase gugur. Namun kedua tim unggulan tersebut hampir dipastikan lolos.

Virgil van Dijk dkk hanya butuh imbang saat menghadapi Austria pada laga terakhir untuk mendapatkan tiket ke 16 besar. Begitu pula saat Perancis bertemu Polandia.

Dalam duel itu, Deschamps melakukan perubahan saat membangkucadangkan Mbappe. Posisi eks pemain Paris Saint-Germain ini digantikan Aurelien Tchouameni, bakal calon koleganya di Madrid.

Sementara di depan, Antoine Griezmann menempati posisi sebagai centre forward. Striker Atletico Madrid yang menggantikan Mbappe sebagai kapten ini ditopang Ousmanne Dembele dan Marcus Thuram.

Belanda masih mengandalkan Memphis Depay yang tak kunjung menunjukkan ketajamannya. Dia di-support Jeremie Frimpong, Simons dan Cody Gakpo.

Meski kedua tim tetap turun dengan kekuatan penuh tetapi tidak ada gol yang tercipta. Baik Belanda maupun Perancis bermain terlalu hati-hati.

Perancis sempat mendapat peluang melalui Griezmann. Namun upayanya tak membuahkan hasil. Peluang yang diciptakan Thuram dan Andrien Rabiot juga gagal dimaksimalkan rekan-rekannya.

Memasuki babak kedua, permainan tak berubah. Pelatih Belanda Ronald Koeman tak melakukan perubahan pemain meski Depay jarang mengancam pertahanan Prancis.

Deschamps pun melakukan hal sama. Tidak ada pergantian pemain Perancis saat memulai babak kedua. Meski demikian tidak ada serangan berbahaya dari kedua tim.

Belanda akhirnya mendapat peluang bagus saat Simons berhasil membobol gawang Mike Maignan di menit 70. Simons sempat merayakan gol. Sementara, suporter Belanda pun sudah bersorak menyambut gol itu.

Hanya asisten wasit terlihat mengangkat bendera menunjukkan bila ada yang offside. Wasit Anthony Taylor pun meninjau insiden itu lewat VAR.

Seperti diperkirakan wasit cukup lama meninjau insiden itu karena Simons tidak dalam posisi offside. Ternyata Taylor memang membatalkan gol itu.

Wasit menilai Denzel Dumfries yang berada dalam posisi offside dalam proses terciptanya gol itu. Simons nyaris menangis setelah mengetahui golnya dianulir.

Pertandingan dilanjutkan. Namun tidak ada gol yang tercipta sampai akhir pertandingan. Skor tetap 0-0 untuk kedua tim.