Bagikan:

JAKARTA - Fakultas Teknik Unika Atma Jaya menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) kolaborasi pengembangan konten edukasi berbasis Generative Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan generatif, dengan PT. Inovasi Nusantara, Ember Sdn Bhd, dan Aku Teknik (Ikatan Alumni Fakultas Teknik Atma Jaya). Penandatanganan MOU dilakukan di Kampus 3 BSD Unika Atmajaya, BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (21/6).  

 “AI dapat membantu pengajaran yang lebih efisien dan tetap efektif. Tidak hanya untuk para pengajar dan mahasiswa kami, tapi dengan adanya teknologi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat umum dalam mempelajari berbagai topik secara independen. Dengan teknologi ini masyarakat belajar di mana pun dan kapan pun,” kata Djoko Setyanto, Dekan Fakultas Teknik Unika Atma Jaya.

AI merupakan sebuah sistem kecerdasan buatan yang memungkinkan seperangkat sistem komputer atau mesin lainnya dapat berpikir dan bekerja layaknya manusia. Generative AI merupakan kecerdasan buatan yang mengacu pada penggunaan AI untuk membuat konten baru, seperti teks, gambar, musik, audio, dan video.

Generative AI memiliki kemampuan deep learning, machine learning, dan adaptive learning. Dengan teknologi ini kita dapat menciptakan guru virtual yang bisa menghadirkan pembelajaran secara interaktif dan personal kepada para siswa. Model pembelajaran berbasis AI ini akan mengubah cara belajar siswa di masa mendatang,” jelas Gunawan Zuardi, Direktur Inovasi Nusantara.

Salah satu contoh generative artificial intelligence, astronot menunggang kuda. (VulcanSphere/Wikimedia Commons)

Kolaborasi dan eksplorasi terhadap model pembelajaran unik dengan teknologi AI diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi para mahasiswa. Teknologi ini cocok untuk siapa saja, terutama gen Z. Mereka dapat memahami esensi pelajaran secara cepat dan lebih menyenangkan.

“Kami berharap dengan adanya kerja sama ini juga dapat semakin mempromosikan Fakultas Teknik Unika Atma Jaya sebagai salah satu lembaga edukasi terdepan yang mengembangkan konten edukasi berbasis AI. Program ini juga dilakukan untuk menyosialisasikan model AI learning content untuk institusi perguran tinggi,” lanjut Gunawan.

Inovasi Telematika Nusantara adalah perusahaan lokal (selaku representatif dari principal AI) yang akan membantu pengembangan konten AI dan pemasaran.

Ember sdn.bhd (Malaysia) yang diwakili oleh Ng Shiyu selaku Managing Director adalah principal AI yang mengembangkan infrastruktur dan platform AI serta melakukan transformasi konten menjadi AI.

Aku Teknik sebagai organisasi resmi wadah alumni Fakultas Teknik Unika Atma Jaya dalam kolaborasi ini bertugas membantu eksplorasi dan pengembangan konten AI, sosialisasi, edukasi, dan marketing. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan para alumni terhadap perkembangan Unika Atma Jaya dan para adik angkatan mereka.