Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Jerman akan memainkan laga kedua fase grup Euro 2024 melawan Hongaria. Ini kesempatan besar buat tuan rumah untuk mengunci satu tiket babak gugur.

Duel antara kedua tim tersebut akan berlangsung MHPArena, Stuttgart, pada Rabu, 19 Juni pukul 23.00 WIB. Jika sanggup mendapat tiga angka maka Die Mannschaft otomatis lolos ke babak 16 besar turnamen.

Koleksi enam poin akan membuat mereka finis minimal di posisi runner up sebelum perebutan juara grup pada pertandingan terakhir melawan Swiss pada Senin, 24 Juni nanti.

Saat ini pasukan asuhan Julian Nagelsmann tersebut menduduki puncak klasemen sementara Grup A. Mereka mengoleksi tiga poin, unggul atas Swiss yang menempati posisi kedua dengan jumlah poin yang sama.

Jerman berhak atas posisi teratas karena unggul selisih gol atas Swiss. Ini setelah di laga pembukaan turnamen, Die Mannschaft mengamankan kemenangan telak 5-1 melawan Skotlandia di Allianz Arena.

Hasil tersebut membuat tuan rumah pun membuat rekor penting di sepak bola. Itu adalah kemenangan terbesar dalam pertandingan pembuka yang pernah ada dalam kompetisi yang dimainkan oleh tim-tim putra.

Selain itu, Jerman juga menjaga tren lima pertandingan tidak terkalahkan. Empat di antaranya berakhir dengan kemenangan dan satu-satunya hasil imbang di periode itu adalah melawan Ukraina pada awal bulan ini.

Namun, Hongaria memiliki kenangan manis atas Jerman dalam tiga bentrok terbaru mereka. Salah satunya ketika mereka sanggup mencuri satu poin dalam laga imbang 2-2 di fase grup Euro 2020.

Dua pertandingan setelah itu terjadi kompetisi UEFA Nations League 2022 lalu. Saat itu, Hongaria bisa mendapat satu poin saat bermain di kandang dan mencuri tiga poin ketika melawat ke markas Jerman.

Selain itu, hasil melawan Swiss di laga pertama grup di Euro 2024 ini merupakan kekalahan kedua yang dialami Hongaria dalam 17 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Catatan yang cukup impresif.

Walaupun kedua kekalahan tersebut terjadi bulan ini, rentetan 12 kemenangan dalam 12 pertandingan seharusnya dapat memberikan sedikit rasa nyaman bagi para pendukung Magyars.

Susunan Pemain

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Tah, Rudiger, Mittelstadt; Andrich, Kroos; Musiala, Gundogan, Wirtz; Havertz.

Hongaria (3-4-2-1): Gulacsi; Orban, Lang, Szalai; Bolla, Nagy, Schafer, Kerkez; Sallai, Szoboszlai; Varga.