Bagikan:

JAKARTA - Laga ketiga Grup A Euro 2024 antara Swiss vs Jerman bakal dihelat di Waldstadion, Frankfurt, Senin, 24 Juni 2024, pukul 02.00 WIB.

Jerman selaku tuan rumah Euro 2024 sudah memastikan diri ke fase gugur setelah menang di dua laga sebelumnya kontra Skotlandia (5-1) dan Hungaria (2-0).

Anak asuh Julian Nagelsmann jelas ingin mempertahankan kemenangan 100 persen di fase grup. Menurut Opta, Der Panzer juga diunggulkan dengan presentase kemenangan 52,3 persen.

Toni Kroos dan kolega berambisi menjadi negara tuan rumah ketiga yang berhasil memenangi tiga pertandingan grup di Euro setelah Belanda (2000) dan Perancis (1984).

Menilik catatan pertemuan, Jerman juga unggul jauh. Berdasarkan statistik Soccerway, dalam 13 perjumpaan terbaru Swiss vs Jerman, Der Panzer mengoleksi tujuh kemenangan, empat seri, dan dua kekalahan.

Sudah ada 52 gol tercipta di 13 pertemuan itu, 33 di antaranya milik Jerman dan 18 sisanya dicetak Swiss.

Hanya saja, Swiss punya potensi menjegal ambisi Jerman. Bila ingin aktual, kita bisa berkaca di tiga perjumpaan terbaru pada 2020 karena bentrok sisanya terjadi pada 2012 ke bawah.

Xherdan Shaqiri dan kawan-kawan tidak pernah kalah (satu menang dan dua seri) di tiga duel terkini. Pertemuan keduanya pun selalu berjalan terbuka. Dari tiga laga pemungkas itu saja, ada 16 gol tercipta.

Swiss menang dengan skor 5-3 di laga persabahatan sebelum seri 1-1 dan 3-3 di UEFA Nations League 2020.

Dua dari tiga partai di antaranya Swiss selalu unggul lebih dulu. Menariknya, keunggulan mereka berjarak dua gol semua. Jerman jelas waspada kalau Swiss mencetak gol lebih dulu.

Rossocrociati, julukan Swiss, sejatinya tak terlalu muluk menatap bentrok kontra Jerman. Mereka cuma butuh hasil minimal seri untuk memastikan langkah ke babak gugur.

Persentase laga berakhir seri pun lebih besar ketimbang peluang Swiss menang, yaitu 24,2 persen.

Swiss hanya perlu meredam produktivitas Jerman yang sejauh ini masih terbanyak di Euro 2024 dengan tujuh gol.

Jika itu berjalan baik, misi Jerman meraih 100 persen rekor fase grup dipastikan pupus dan Swiss bisa melenggang ke babak gugur dengan nyaman.

Prakiraan Formasi

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Granit Xhaka, Michel Aebischer, Remo Freuler, Silvan Widmer; Xherdan Shaqiri; Ruben Vargas, Dan Ndoye

Pelatih: Murat Yakin

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Maximilian Mittelstadt; Robert Andrich, Toni Kroos; Florian Wirtz, Ilkay Gundogan, Jamal Musiala; Kai Havertz

Pelatih: Julian Nagelsmann