Bagikan:

JAKARTA - Kapten Kroasia, Luka Modric, menegaskan bahwa timnya harus segera bangkit dari kekalahan mengecewakan 3-0 dari Spanyol dalam pertandingan pembukaan Euro 2024 mereka, Sabtu, 15 Juni.

Alvaro Morata, Fabian Ruiz, dan Dani Carvajal mencetak gol di babak pertama pertandingan pada Sabtu, di mana Spanyol meraih tiga poin penuh dengan kemenangan yang tegas.

Kroasia mengalami kesulitan dalam sebagian besar pertandingan, tetapi Modric menyatakan bahwa timnya harus fokus pada dua pertandingan terakhir di grup melawan Albania dan Italia pada 19 dan 24 Juni mendatang.

"Ini bukan hasil yang kami harapkan, tetapi inilah kenyataannya. Kami masih memiliki dua pertandingan lagi untuk memperbaiki dan menebusnya. Di babak pertama, kami bukan diri kami sendiri; kami kekurangan energi dan berdiri terlalu jauh dari pemain mereka. Mereka menghukum kami untuk itu," kata Modric seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

"Kami juga memiliki peluang kami, tetapi ini adalah salah satu pertandingan di mana apapun yang Anda coba tidak berhasil. Kami membaik di babak kedua dan jauh lebih baik, tetapi itu tidak cukup. Menurut saya, kemenangan mereka memang pantas. Mungkin hanya skor yang terlalu tinggi," ujarnya.

Kroasia Dalam Tekanan di Grup B

"Kami tidak lagi memiliki hak untuk membuat kesalahan; kami harus pulih dan memenangkan pertandingan yang akan datang. Dalam satu sisi, itu hal yang baik karena kami tahu kami tidak memiliki pilihan lain selain menang. Kami perlu mempersiapkan dengan baik, menganalisis apa yang salah, dan jauh lebih baik, terutama dalam hal energi," tambah gelandang Real Madrid itu

Sementara itu, pelatih kepala Zlatko Dalic menambahkan: "Ini bukan awal yang baik, tetapi saya mengucapkan selamat kepada Spanyol atas kemenangannya. Kami kekurangan energi dan agresi, dan kebobolan gol pertama dari kesalahan.

"Hal terburuk adalah kami kebobolan di waktu tambahan babak pertama dari sepak pojok. Kami seharusnya tidak membiarkan itu, dan pertandingan diputuskan saat itu," ungkapnya.

Dalic Jelaskan Pergantian Modric Saat Melawan Spanyol

"Kesan saya adalah bahwa kami mampu menahan tekanan awal Spanyol dalam 10-15 menit pertama. Setelah itu, kami menguasai permainan, kami lebih baik, dan mulai menciptakan beberapa peluang. Tetapi kemudian kami kebobolan gol karena kesalahan kami dan tidak mampu bangkit kembali setelah itu. Itu tidak bagus," kata Dalic.

Ada tanda tanya saat Modric diganti pada menit ke-65 pertandingan, sementara Mateo Kovacic juga digantikan pada waktu yang sama dengan gelandang Real Madrid tersebut.

Dalic menepis adanya masalah cedera, menegaskan bahwa pergantian tersebut adalah keputusan taktis, dengan tim masih memiliki peluang besar untuk melaju ke babak knockout kompetisi.

"Kami memiliki dua pertandingan penting di depan, melawan Albania dan Italia. Pada saat itu, kami kalah 3-0 dan tidak memiliki banyak peluang untuk membalikkan keadaan, jadi saya memutuskan untuk menarik mereka," tambah sang manajer.

Kroasia telah mencapai babak 16 besar dalam dua Piala Eropa terakhir, tetapi mereka belum pernah berhasil melaju melewati perempat final kompetisi ini.