Bagikan:

JAKARTA – Pelita Jaya dipastikan sudah tidak lolos ke semifinal Basketball Championship League (BCL) 2024 yang tengah berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Mereka sebenarnya belum menyelesaikan babak penyisihan Grup B. Pelita Jaya masih punya satu pertandingan lagi melawan tim asal Korea Selatan, KCC Egis, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Meski demikian, kemenangan Shahrdary Gorgan 94-81 atas Hiroshima Dragonflies membuat mimpi Pelita Jaya terkubur. Sistem tiebreak tiga tim yang digunakan FIBA otomatis membuat posisi Pelita Jaya bertahan di peringkat ketiga grup.

Pelita Jaya memulai perjalanan di fase penyisihan dengan hasil tidak memuaskan. Mereka menelan kekalahan 69-86 melawan Dragonflies di laga perdana sebelum bangkit meraih kemenangan 97-90 atas Gorgan di laga kedua.

Di sisi lain, Gorgan mengawali langkah mereka di turnamen ini dengan kemenangan 102-79 atas KCC Egis. Lalu, Dragonflies mengalahkan KCC Egis dengan skor 107-77.

Untuk mencapai semifinal, tim harus finis di posisi pertama atau kedua grup, yang sekarang ditempati oleh Dragonflies dan Gorgan. Kedua tim itu mengunci posisi tersebut setelah bertemu pada Selasa, 11 Juni 2024.

Pada bentrok itu, Gorgan keluar sebagai pemenang. Hasil itu membuat mereka sekarang berhak di posisi teratas grup, diikuti berturut-turut oleh Dragonflies, Pelita Jaya, dan KCC Egis.

Sistem tiebreak tiga tim FIBA ini sudah dipakai sejak lama, termasuk di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Sistem ini tidak mengikutsertakan tim terbawah dalam menentukan poin babak grup yang melibatkan empat tim.

Jika Pelita Jaya bisa menang melawan KCC Egis maka rekor menang-kalah mereka adalah 2-1 atau sama dengan Gorgan dan Dragonflies. Soalnya, antara Pelita Jaya, Gorgan, dan Dragonflies sama-sama saling mengalahkan satu sama lain.

Meski demikian, Pelita Jaya memiliki selisih poin paling sedikit dibanding Gorgan dan Dragonflies. Gorgan punya catatan +6 setelah menang 13 poin dari Dragonflies dan kalah 7 poin dari Pelita Jaya.

Dragonflies punya +4 setelah menang 17 poin dari Pelita Jaya dan kalah 13 poin dari Gorgan. Adapun Pelita Jaya memiliki catatan -10 dengan kemenangan 7 poin dari Gorgan dan kekalahan 17 poin dari Dragonflies.

Dengan demikian, berapa pun selisih poin kemenangan laga Pelita Jaya vs KCC Egis tidak akan dihitung dalam perhitungan akhir. Pasalnya, posisi KCC saat ini berada di dasar klasemen grup alias juru kunci.