Pelita Jaya Lolos ke Basketball Champions League (BCL) Asia 2024
Pelita Jaya melawan Prawira Harum Bandung (dok. IBL).

Bagikan:

JAKARTA – Pelita Jaya Basketball memastikan diri lolos ke babak utama Basketball Champions League (BCL) Asia 2024 setelah mengalahkan Prawira Harum Bandung.

Tiket itu mereka amankan berkat kemenangan dengan skor akhir 88-67 atas Prawira di Britama Arena, Jakarta, Rabu, 24 April 2024, malam WIB.

Pelita Jaya mengamankan tiket ke ajang tersebut dengan catatan mengumpulkan dua kemenangan di kualifikasi putaran kedua. Mereka masih akan memainkan satu laga sisa untuk merebut posisi juara grup.

Pada pertandingan melawan Pelita Jaya, Prawira hanya merasakan keunggulan di dua menit kuarter pertama. Setelah itu, Pelita Jaya mendikte jalannya laga hingga meraih kemenangan.

Pelita Jaya sempat meraih keunggulan 24 poin sebelum memastikan kemenangan keduanya di fase ini.

Sebaliknya, Prawira malah seperti kehabisan bensin setelah pertarungan sengit melawan HK Eastern Basketball Club pada laga sebelumnya.

Pelita Jaya menguasai semua aspek, baik dalam menyerang dan bertahan. Mereka memasukkan 46 points in the paint, dengan 23 second chance points.

Pelita Jaya membuat 17 steal dari 20 kali turnovers Prawira. Mereka juga mengonversi 20 turnovers Prawira menjadi 22 poin. Dari segi akurasi tembakan, Pelita Jaya juga unggul dengan perbandingan persentase 43 persen berbanding 36,6 persen.

Lima pemain Pelita Jaya menyelesaikan laga dengan double digit points. Dari tim inti, ada JaQuori Mc Laughlin dengan 24 poin, lalu M. Reza Fahdani Guntara dengan 13 poin.

Kemudian, dari bangku cadangan ada Justin Brownlee dan Brandon Jawato masing-masing menyumbang 10 poin. Terakhir, ada K. J. McDaniels yang bermain bagus dengan torehan double-double, 15 poin dan 12 rebound.

Sebaliknya, Brandone Francis dari Prawira mencetak 16 poin. Indra Muhammad menambahkan 12 poin, dan Victory Jacob Lobbu menyumbang 11 poin.

Tiga pemain inti Prawira, yang menjalani rotasi, tidak berkontribusi poin sama sekali. Kekalahan ini membuat Prawira harus mengamankan kemenangan pada laga terakhir melawan NS Matrix Deers agar bisa lolos ke babak utama BCL Asia 2024.

Melihat hasil pertandingan tersebut, Pelita Jaya sekarang memimpin klasemen putaran kedua dengan 2-0. Jadi, apa pun hasil laga terakhir melawan HK Eastern pada Jumat, 26 April 2024, tidak akan berpengaruh.

Basketball Champions League Asia 2024 rencananya digelar pada Juni 2024. Dua tim terbaik dari putaran kedua ini akan lolos ke ajang tersebut.

Karena itu, hanya tersisa satu tim saja yang mengejar tiket untuk mengikuti jejak Pelita Jaya.

Terkait