Bagikan:

JAKARTA – Catatan manis sama-sama ditorehkan oleh Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Jakarta pada laga perdana kualifikasi Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

Kedua klub tersebut menjalani pertandingan pertama mereka di Ulaanbaatar, Mongolia, Rabu, 3 April 2024, waktu setempat. Pada laga itu, kedua tim ini kompak mengalahkan lawan-lawan mereka.

Pelita Jaya Jakarta, yang memulai persaingan di Grup B, mengawali perjalanan mereka dengan melumat tim asal Thailand, Hi-Tech Basketball Club (HIT), dengan skor 99-81.

Kemenangan ini jelas menjadi modal penting buat menghadapi laga berikutnya. Pelita Jaya selanjutnya akan bertemu Ulaanbaatar Xac Broncos dan Adroid Club dari Singapura.

Prawira Harum Bandung menyusul Pelita Jaya dengan menekuk tim tuan rumah Bishrelt Metal. Prawira menang meyakinkan dengan skor akhir 83-66.

Pada pertandingan berikutnya di Grup A, Prawira akan menantang wakil Malaysia, NS Matrix Deers, dan tim asal Hong Kong, Hong Kong Eastern.

Dari tiga pertandingan yang dijalani itu, Pelita dan Prawira perlu memuncaki grup jika ingin langsung lolos ke kualifikasi kedua yang akan berlangsung di Jakarta.

Jika finis di posisi kedua dan ketiga maka mereka harus menjalani laga silang antara kedua grup itu untuk merebut dua tiket lainnya menuju Jakarta.

Nantinya, ada empat tim yang akan bersaing pada kualifikasi kedua BCL Asia 2024 di Jakarta.

Dua tim terbaik kualifikasi kedua di Jakarta akan mendapat tiket ke putaran final Basketball Champions League (BCL) Asia 2024.

Persaingan akan semakin keras di babak utama BCL Asia 2024 karena dihuni tim-tim juara dari Korea Selatan, Jepang, China, dan Filipina.

Pelita Jaya dan Prawira Harum Bandung mewakili Indonesia bermain di kualifikasi BCL 2024 dengan status sebagai juara dan runner-up Indonesian Basketball League (IBL) musim 2023.