Bagikan:

JAKARTA - Satu kaki Pelita Jaya Jakarta sudah menginjak Final Indonesian Basketball League (IBL) 2024 setelah merebut gim pertama di markas Prawira Harum Bandung, C-Tra Arena, Kamis, 25 Juli 2024, malam WIB.

Pelita Jaya menang setelah mendapat perlawanan sengit tuan rumah dengan skor 84-80 di semifinal gim pertama.

Pada menit-menit akhir, aksi Justin Brownlee dan Andakara Prastawa Dhyaksa gagal dibendung Prawira sehingga membuat Pelita Jaya unggul hingga akhir laga.

Top score Pelita Jaya di laga ini, K. J. McDaniels, mengemas 24 poin. Namun, ada dua pemain yang paling berjasa dalam kemenangan kali ini.

Justin Brownlee mencetak 22 poin, termasuk tembakan tiga angka di sisa satu menit untuk membalikkan keadaan menjadi 82-78.

Kemudian ada Prastawa dengan turn around jump shot di sisa 18 detik, yang mengunci kemenangan Pelita Jaya. Prastawa hanya mencetak dua poin saja di laga ini, tapi itu poin sangat penting.

Sementara Jerome Anthony Beane Jr. dari bangku cadangan menambahkan 18 poin.

"Kami menjalankan bola dengan baik. Menyerang bersama-sama adalah kunci dari kemenangan kami. Namun, kemenangan ini sangat penting bagi kami. Kami semakin percaya diri untuk memenangi seri ini (IBL 2024)," kata Justin Brownlee setelah pertandingan.

Panasnya laga sudah bisa dirasakan sejak awal, ketika kedua tim bermain imbang, 17-17, di kuarter pertama.

Prawira tampil lebih baik di kuarter kedua untuk mencetak keunggulan 41-37 saat turun minum.

Pada kuarter ketiga, Pelita Jaya tampil lebih agresif sehingga bisa membalikkan keadaan. Lewat buzzer beater Anthony Beane, Pelita Jaya unggul tujuh angka, 61-54, saat kuarter ketiga ditutup.

Berlanjut ke kuarter kempat, terjadi enam kali pergantian keunggulan dari kedua tim. Prawira yang sempat tertinggal sembilan angka di awal kuarter keempat, bangkit lewat performa apik Yudha Saputera dengan tembakan jarak jauhnya.

Pada sisa tiga menit terakhir, Pandu Wiguna mencetak tiga kali slam dunk untuk menjaga asa tuan rumah memenangi semifinal gim pertama. Namun, Brownlee dan Prastawa mengubur harapan tersebut di detik-detik terakhir.

Sementara itu, Yudha Saputera memimpin Prawira dengan torehan 20 poin. Bermain selama 35 menit, Yudha mencetak akurasi tembakan 7 dari 11 percobaan, termasuk enam kali three-point.

Brandone Francis memasukkan 19 poin. Diikuti Antonio Hester dengan kontribusi 15 poin dan 11 rebound. Kedua tim bermain sama baiknya di pertemuan pertama. Namun, Pelita Jaya menghukum Prawira yang lengah di menit-menit akhir.

Pelita Jaya sementara unggul 1-0 di semifinal IBL 2024. Laga semifinal gim kedua akan bergeser ke Indoor Stadium SC, Tangerang, yang menjadi kandang Pelita Jaya pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Jika diperlukan game ketiga, Pelita Jaya akan tetap jadi tuan rumah.