Bagikan:

JAKARTA - Gelandang Phil Foden bakal menjadi pemain Inggris bergaji tertinggi saat kontraknya diperpanjang Manchester City. Perpanjangan kontrak Foden dilakukan usai Euro 2024 dengan harapan bisa menghalangi Real Madrid yang menjadikan pemain tim nasional Inggris ini sebagai target rekrutan.

Foden yang tengah memperkuat Inggris di Euro 2024 bakal mendapat ganjaran sepulang dari Jerman. Man City bakal menyodorkan kontrak baru kepada Foden dengan kenaikan gaji hingga dua kali lipat.

Saat ini, pemain berusia 24 ini menerima gaji dan bonus sebesar 200 ribu poundsterling setiap pekan. Dalam kontrak baru, dia bakal mengantungi gaji 375 ribu poundsterling atau 7,7 miliar rupiah setiap pekan.

Gaji itu sama dengan yang diterima dua pilar Man City, Kevin De Bruyne dan Erling Haaland. Hanya keduanya merupakan pemain dari luar Inggris. Bila Foden menerima tawaran itu, dia menjadi pemain Inggris dengan bayaran paling tinggi.

Kontrak Foden sesungguhnya baru berakhir pada 2027. Namun Man City memilih memperpanjang kontraknya hingga 2030.

Tawaran itu setidaknya mengamankan Foden dari incaran Madrid. Pasalnya, raksasa La Liga Spanyol ini tidak hanya mengincar Haaland tetapi juga Foden.

Foden merupakan salah satu sedikit produk akademi Man CIty yang berhasil masuk tim utama. Dirinya pun menunjukkan performa terbaik saat mengantarkan The Cityzen meraih titel Premier League Inggris untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Sukses tersebut mengantarkan Foden terpilih sebagai Pemain Terbaik Premier League. Dia juga menjadi pemain terbaik di klub.

Di kompetisi domestik, Foden mencetak 19 gol dan membuat lima assists selama 35 penampilan. Total, dia mencetak 27 gol dan 12 assists dai 53 penampilan di berbagai kompetisi.

Sejak bermain di tim utama Man City, Foden sudah meraih 15 trofi, termasuk enam gelar Premier Inggris. Dirinya berambisi memecahkan rekor Ryan Giggs, legenda Manchester United, yang memenangi 13 trofi liga.