Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina di laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Jelang pertemuan itu, pelatih Filipina, Tom Saintfiet menyebut kemampuan Skuad Garuda yang bakal jadi lawan sudah mendekati kekuatan Korea Selatan.

Filipina akan bertemu dengan timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa 11 Juni mulai pukul 19.30 WIB. Laga ini akan menjadi krusial bagi tuan rumah, sebab kemenangan atas FIlipina menjadi harga mati untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Bakal menghadapi tim yang punya target tinggi dengan dukungan penuh para suporter, Saintfiet mengaku siap membawa Filipina untuk melakukan dan mengerahkan kemampuan terbaik di SUGBK.

“Kami akan melakukan yang terbaik untuk menang lawan Indonesia. Saya ingin melakukan yang terbaik, tapi kita tahu bahwa Indonesia adalah sebuah tim yang mempunyai kekuatan baru di sepak bola Asia,” kata Tom Saintfiet dikutip pada Minggu, 9 Juni.

Saintfiet menilai Timnas Indonesia sangat kuat dengan diperkuat pemain-pemain yang berkarier di Eropa, salah satunya Sandy Walsh. Melihat peta kekuatan itu, ia pun tak segan menyebut Indonesia kini memiliki kekuatan hampir setara dengan Korea Selatan.

“Tim Indonesia sangat kuat. Saya datang dari Belgia, saya bekerja di Belanda, saya kenal banyak pemain Indonesia, juga beberapa pemain Belgia seperti Sandy Walsh,”

“Dengan komposisi pemain dan kekuatan yang ada saat ini, jadi tim Indonesia sudah dekat dengan level Korea Selatan, Jepang dan negara-negara seperti Asia,” ucap Saintfiet.

Meski akan memimpin tim melawan tim kuat, Saintfiet mengatakan Filipina akan berusaha untuk mencuri kemenangan atas Indonesia.

“Kami ingin mencoba untuk mendapatkan hasil yang baik terhadap mereka, tapi bukan berarti Indonesia bukan favorit. Kami sangat menghormati mereka. Indonesia adalah favorit utama untuk berada turnamen ini,” kata Saintfiet.