Bagikan:

JAKARTA – Pelari Veby Senopati Silam dinobatkan sebagai pelaut niaga pertama yang berhasil menuntaskan Ultra Marathon sepanjang 200 kilometer. Catatan itu dia ukir dalam ajang Binloop Ultra 2024.

Hasil yang didapat dalam lari Ultra Marathon yang berlangsung dari 3-5 Mei 2024 di Ruko Kebayoran Square, Bintaro, Tangerang Selatan, itu membuat pelari kelahiran Palangkaraya, Kalimantan Tengah, tersebut memecahkan rekor MURI sebagai pelaut niaga pertama yang mampu menyelesaikan kejuaraan Ultra Marathon.

Veby mengikuti turnamen maraton sejauh 200 kilometer berawal dari hobi lari. Ia mulai mengikuti turnamen lari di Indonesia, yang diawali dengan lima kilometer, saat menjalani aktivitas sebagai dosen di salah satu Maritime Training Center selama bekerja di kapal niaga sekitar 10 tahun.

"Nah, jadi akhirnya saya meluangkan waktu sambil mengajar. Karena saya hobi lari, saya ikut-ikut event lari. Akhirnya dapet dari lima kilometer, 10 kilometer, sampai full marathon (42 km)," ujar dia.

Selama periode tersebut, secara bertahap Veby pun terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya. Ia satu per satu mulai menaikkan level turnamen maraton mulai dari jarak 10 kilometer hingga 100 kilometer.

Usaha Veby itu sempat dihalangi oleh masa pandemi corona. Namun, dia memutuskan untuk tetap berlatih secara rutin hingga dirinya memberanikan diri untuk mengikuti lari maraton dengan jarak tempuh tiga digit.

"Akhirnya saya mengikuti event dari awal aku 50, terus aku upgrade lagi ke 100, terus 120, 160 baru langsung 200 (km). Jadi, bertahap dan tidak instan," ujar dia.

Ultra Marathon di Bintaro adalah turnamen teraktual yang diikuti oleh Veby. Sebelum itu, ia sudah pernah mengikuti Tokyo Marathon 2024 yang masuk dalam Six Star World Marathon Majors.

Saat ini Veby memiliki rencana untuk bisa menuntaskan rangkaian Six Star WMM. Ia bertekad menjadi pelaut niaga pertama asal Indonesia yang merampungkan enam maraton dunia tersebut.