Inilah 4 Event Marathon Tertua di Dunia, dari Boston hingga London
Ilustrasi lari marathon (wal_172619/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Lari marathon merupakan salah satu event olahraga bergengsi yang digelar rutin setiap tahun di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Perlombaan marathon pertama diselenggarakan di awal era modern Olimpiade pada tahun 1896 dengan jarak tempuh 40 kilometer atau sekitar 25 mil. Lantas, apa event marathon tertua di dunia?

4 Event Maraton Tertua di Dunia

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut tiga event maraton tertua di dunia yag masih digelar hingga saat ini.

  1. Boston Marathon

Boston Marathon dihelat pertama kali pada 19 April 1897, bertepatan dengan Hari Patriot. Kala itu, even ini hanya diikuti oleh 15 pelari. Nah, John McDermott, pelari asal New York, menjadi pelari pertama yang menjuarai Boston Marathon.

Event maraton tertua di dunia ini sanggup menarik atensi 500.000 penonton. Angka itu kabarnya setara dengan 80 persen jumlah penduduk Boston, dikutip dari ESPN.

Boston Marathon disebut memiliki rute lari terberat di dunia. Rute tanjakannya bermula dari Newton Hill dan selesai di Heartbreak Hill. Letak bukit ini ada di kilometer 32-34 setelah start. Makanya, ada banyak pelari yang kepayahan begitu mencapai titik ini.

  1. Chicago Marathon

Event ini pertama kali diselenggarakan pada 23 September 1905. Saat pertama kali digelar, jumlah pelari yang mengikuti Chicago Marathon hanya 12 orang. Kendati demikian, hanya tujuh orang yang dapat menyentuh garis finis.

Di ajang pertamanya, Chicago Marathon mengambil rute dari Evanston Golf Club dan berakhir di depan Washington Park Race Track.

  1. New York Marathon

New York Marathon termasuk salah satu ajang lari marathon terbesar di dunia. Kejuaraan ini sudah digelar sejak 1970.

Rute New York Marathon diawali dari Staten Island dan finis di Central Park. Yang membikin spesial, ada sejumlah jembatan yang dilewati oleh para pelari sepanjang perlombaan, mulai dari Verrazzano-Narrows Bridge, Pulaski Bridge, Queensboro (59th Street) Bridge, Willis Avenue Bridge, sampai Madison Avenue Bridge.

Ilustrasi jarak lari maraton
Ilustrasi jarak lari maraton (Unsplash/Ben Stern)

Rute yang dilalui para pelari tergolong sulit, terlebih saat menyeberangi East River melalui Queensboro Bridge menuju Manhattan karena jalurnya yang menanjak

  1. Berlin Marathon

Event Berlin Marathon pertama kali digelar pada 1979. Rutenya dimulai dan diakhiri di Brandenburg Gate.

Setelah para pelari meninggalkan Brandenburg Gate, mereka akan melintasi rute Charlottenburg, Tiergarten, Moabit and Mitte. Dari situ, peserta menjajal rute selatan menuju Friedrichshain. Para pelari akan lanjut berlari ke arah barat antara Kreuzberg dan Neukölln, Schöneberg, Friedenau, dan Zehlendorf, sebelum berbelok ke utara alias kembali ke pusat kota. Dari sini, pelari bakal mengitari Schöneberg dan kembali ke Brandenburg Gate.

  1. London Marathon

Event maraton tertua di dunia berikutnya adalah London Marathon. Rutenya dimulai dari Blackheath di London Tenggara dan berakhir di depan Istana Buckingham.

London Marathon pertama kali dipentaskan pada 29 Maret 1981. Event ini sedianya bukan menjadi perlombaan lari jarak jauh pertama di London. Pada 1909, Ibu Kota Inggris itu pernah menggelar event lari maraton bertajuk The Polytechnic Marathon.

London Maraton digagas oleh juara Olimpiade sekaligus jurnalis, Chris Brasher, serta atlet lari bernama John Disley. Keduanya berinisiatif untuk menggagas London Marathon setelah mengikuti New York Marathon pada 1979.

Sekarang London Marathon digelar setiap musim semi. Event ini hanya membuka kategori full marathon.

Demikian informasi seputar 4 event marathon tertua di dunia.