Triyaningsih Tantang Atlet Junior Pecahkan Rekor Nasional yang Dia Pegang Sejak 2010
Atlet lari nasional Triyaningsih. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Atlet nasional, Triyaningsih, saat ini menggenggam rekor nasional nomor lari jarak jauh dengan catatan waktu dua jam 31 menit 49 detik. Rekor itu dia dapat saat mengikuti Asian Games 2010.

Hingga saat ini, belum ada yang mampu mematahkan rekor Triyaningsih. Untuk itu, dia mendorong para atlet junior agar bisa memecahkan rekor tersebut kompetisi LPS Half Marathon yang akan berlangsung pada Minggu, 2 Juli.

"Kalau aku kan kebetulan alhamdulillah itu aku pemegang rekor nasional. Jadi di sini aku sangat memberikan motivasi pada atlet-atlet muda untuk bisa memecahkan rekor aku di half marathon," kata Triyaningsih.

Menurut perempuan kelahiran 15 Mei 1987 itu, untuk memecahkan rekor miliknya, karena menggunakan metode split time, maka para pelari yang mengikuti ajang half marathon tersebut harus mencatatkan waktu lebih cepat daripada satu jam 13 menit.

Walaupun demikian, pelari yang pernah mengikuti Olimpiade 2012 itu mengatakan pihak panitia penyelenggara memberi keringanan tiga menit kepada para atlet untuk dapat memecahkan rekornya.

Ia memberi bocoran, siapapun peserta yang bisa mencatatkan waktu lebih cepat dari catatan tersebut akan mendapatkan bonus tali asih dari panitia penyelenggara.

Triyaningsih juga yakin kalau para peserta lomba half marathon itu akan mampu tampil dengan baik, meski kompetisi atau ajang lari tidak berlangsung secara reguler.

"Aku cuma hadir di acara ini untuk bentuk support kepada adik-adik, untuk bisa berkompetisi, memecahkan rekor aku di situ. Saya kira sih mereka sudah mempersiapkan diri dengan baik, walaupun event-event tidak berkelanjutan seperti setiap pekan," ucap pemilik 11 medali emas SEA Games tersebut, seperti dilansir Antara.

Sesuai namanya, lari half marathon tidak berjarak sejauh full marathon. Meski demikian, Triyaningsih berpesan agar para pelari rekreasional sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mencoba mengikuti ajang ini, jika mereka masih benar-benar pemula.

"Jadi saran aku kalau buat yang pemula jangan dulu. Penuhi dulu mileagenya (jarak tempuhnya), baru event half marathon. Cuma kalau untuk para pelari yang sudah biasa 10K, tidak apa-apa mencoba half marathon," katanya.

Ajang LPS Half Marathon akan digelar pada Minggu, 2 Juli, di Jakarta, dengan titik start di kawasan Monas dan finis di Istora Senayan. Sebagai ajang pemanasan, panitia penyelenggara juga mengadakan ajang Run The City akan berlangsung di Hutan Kota GBK, pada Sabtu, 1 Juli.