Lepas Ratusan Pelari Bersama Danny Pomanto, Ganjar Pranowo Ajak <i>Runners</i> Makassar Ambil Bagian Saat Borobudur Marathon
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak pelari (runners) Makassar untuk kembali ambil bagian dan menyemarakkan kegiatan olahraga Borobudur Marathon pada akhir November 2022.

"Saya harap Runners Makassar bisa ikut Borobudur Marathon nanti. Terima kasih apresiasinya dan antusias runners-nya Kota Makassar," ujarnya di Makassar dikutip dari Antara, Minggu, 9 Oktober.

Ganjar Pranowo bersama Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ratusan pelari yang mengikuti ajang Bank Jateng Friendship Run yang mengambil start di Benteng Roterdam.

Ditemui usai lari, Ganjar menyebut pegelaran Friendship Run 2022 di Kota Makassar ini paling banyak diikuti pelari dibanding tiga kota lain. Tercatat, pelari yang ambil bagian di Makassar sebanyak 1.100.

"Ini road to Borobudur Marathon. Mudah-mudahan semua bisa hadir (di Borobudur Marathon) dan ternyata ini paling ramai," katanya.

Adapun rute 5K Friendship Run dimulai dari Benteng Roterdam, ke Jalan Ahmad Yani, Jalan Sudirman, Jalan Arief Rate, Jalan Yosep Latumahina, Jalan Sombaopu, Jalan Penghibur, Jalan Ujungpandang dan finis kembali di Benteng Roterdam.

Sebelumnya, Borobudur Marathon 2022 akan berlangsung pada 12-13 November 2022 mendatang di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jateng.

Sejumlah kategori pada Borobudur Marathon 2022 dipertandingkan, diantaranya Borobudur Marathon Elite Race dengan rute sejauh 42,195 kilometer.

Kemudian Bank Jateng Tilik Candi dengan rute 21,097 kilometer, dan Borobudur Marathon Young Talent sejauh 10 kilometer.

Masing-masing kategori dapat diikuti oleh peserta tertentu. Kategori Elite Race diikuti hanya oleh atlet elite nasional yang lolos seleksi, kategori Tilik Candi diikuti pelari umum dengan sistem ballot. Sementara kategori Young Talent diikuti atlet muda yang lolos seleksi.