Bagikan:

JAKARTA – Lifter asal Aceh, Nurul Akmal, memastikan diri sebagai atlet ke-21 Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 pada pertengahan tahun ini.

Tiket buat Nurul dipastikan melalui rilis resmi yang dikeluarkan International Weightlifting Federation (IWF) pada Senin, 3 Juni 2024. IWF mengumumkan Olympic Qualification Ranking final atlet-atlet yang akan berlaga di Paris.

"Jadi, memang ini pengumumannya agak terlambat karena kasusnya di kelas Amel sudah terwakilkan lima benua yang akan tampil di Paris 2024," ujar Kepala Pelatih Timnas Angkat Besi, Dirdja Wihardja.

Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat yang sama (apa pun benuanya) dengan menghormati kuota maksimum per gender dan masing-masing komite Olimpiade tiap negara.

Nurul sebenarnya berada di peringkat ke-11 dari 10 atlet terbaik dunia di kelas +81 kilogram yang lolos ke Paris. Namun, ia dipastikan melenggang ke Olimpiade Paris 2024 usai mendapatkan realokasi tiket dari zona kontinental Asia.

Ini adalah kali kedua Nurul tampil di Olimpiade setelah sebelumnya dia debut di Olimpiade Tokyo 2020. Kala itu, lifter kelahiran Tanah Luas, Aceh, 12 Februari 1993, tersebut finis di urutan kelima di kelas +87 kilogram dengan catatan angkatan snatch 115 kg dan clean and jerk 141 kg.

"Yang jelas kami sudah mempersiapkan dan memaksimalkan sebaik mungkin. Lifter Indonesia jarang yang lolos di kelas berat. Ini penampilan kedua Amel (Nurul Akmal)."

"Semoga bisa memberikan yang terbaik dan kami akan memberikan dukungan dari segala sisi untuk Amel serta tim angkat besi Indonesia," ujar Dirdja.

Tiket yang didapat oleh Nurul membuat Indonesia saat ini telah meloloskan total 21 atlet ke Paris dari sembilan cabang olahraga.

Atlet-atlet tersebut ialah dua atlet cabang panahan, Rifda Irfanaluthfi dari senam, Fathur Gustafian dari menembak, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmat Adi Mulyono dari panjat tebing, Rio Waida dari selancar, Rizki Juniansyah dan Eko Yuli Irawan dari angkat besi, serta La Memo dari dayung.

Lalu, cabang bulu tangkis diwakili sembilan atlet, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuk Ginting di tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.