Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Perancis Didier Deschamps merasa cemas dengan kondisi pemainnya yang mengalami kelelahan usai melakoni kompetisi yang padat sebelum berlaga di Euro 2024. Bahkan masih ada pemain yang berlaga di Liga Champions sebelum bergabung dengan Les Bleus.

Ada tiga pemain yang belum bisa bergabung menjalani pemusatan latihan timnas. Duo gelandang Aurelien Tchouameni dan Eduardo Camavinga serta bek Ferland Mendy masih bergabung dengan Real Madrid yang akan melakoni laga final Liga Champions melawan Borussia Dortmund di Stadion Wembley, Minggu, 2 Juni 2024 dini hari WIB.

Sebetulnya tidak hanya trio Perancis, masih ada Toni Kroos yang bergabung dengan timnas Jerman usai Liga Champions. Sementara, Jude Bellingham bisa langsung gabung dengan tim Inggris karena laga final digelar di London.

Para pemain yang tampil di final baik dari Madrid maupun Dortmund hanya memiliki waktu 15 hari sebelum berlaga di Euro 2024. Bahkan tim-tim yang berlaga di Jerman masih akan melakoni laga uji coba.

Peranci sendiri beruji coba melawan Luksemburg dan Kanada sebelum menghadapi Austria di laga pertama Euro 2024, 17 Juni. Menurut Deschamps pemain bisa mengalami kelelahan karena mereka menjalani kompetisi yang padat.

"Tidak ada yang tidak berisiko. Bahkan pemain yang berada dalam kondisi terbaik sekalipun. And tak bisa menjaminnya," ucap Deschamps.

"Pemain mungkin mengalami kelelahan fisik dan psikologis. Di luar berbagai aspek, kebugaran pemain akan menjadi faktor yang menentukan," kata dia lagi.

Menurut dia dengan waktu yang reatif pendek, pelatih hanya bisa mempersiapkan tim semaksimal mungkin sebelum berlaga di Piala Eropa.

"Jujur, saya bukan pesulap. Anda tak bisa mengubah apa pun dengan waktu yang tersedia. Bila kami punya waktu tiga pekan untuk melakukan persiapan, kami mungkin bisa melakukan perubahan. Yang penting kami harus bisa beradaptasi dan tetap optimistis," ujar pelatih berusia 55 ini.

Perancis terakhir kali menjalani pertandingan uji coba pada Maret 2024. Mereka kalah melawan Jerman tetapi bisa menang atas Chile.

"Saat pemain berkumpul kembali, kami melakukan analisis terhadap mereka. Hampir semua mampu mengatasi kondisi kelelahan secara lebih baik. Ini sangat membantu kami meraih sukses di pertandingan," katanya.

Perancis berada di grup tak ingin di babak penyisihan Euro 2024. Bergabung di Grup D, Kylian Mbappe dkk bersaing dengan Austria, Belanda dan Polandia.