Bagikan:

JAKARTA - Dallas Mavericks berhasil unggul 3-0 dalam seri best-of-seven final Wilayah Barat setelah mengalahkan Minnesota Timberwolves dengan skor 116-107 pada Game 3 yang berlangsung pada Minggu malam 26 Mei atau Senin pagi WIB. Pertandingan di American Airlines Center, Dallas, berlangsung sengit, namun Mavericks berhasil menunjukkan ketangguhannya di akhir laga.

P.J. Washington memecahkan kedudukan imbang pada menit-menit akhir dengan sebuah tembakan tiga angka. Sementara Daniel Gafford tampil gemilang di kedua ujung lapangan di akhir pertandingan. Mavericks kini berpeluang melaju ke Final NBA untuk pertama kalinya sejak memenangkan gelar pada tahun 2011. Apalagi pertandingan berikutnya akan digelar di Dallas pada Selasa, 28 Mei atau Rabu pagi WIB.

Dalam gim ke-3 ini, Luka Doncic dan Kyrie Irving masing-masing mencetak 33 poin, membantu Mavericks mencatat akurasi tembakan 55,9 persen dari lapangan dan 50 persen (14 dari 28) dari luar garis tiga poin. Anthony Edwards menyumbang 26 poin, sembilan rebound, dan sembilan assist untuk Timberwolves, yang mencoba bangkit namun tertinggal dalam jumlah tembakan bebas dibanding Dallas.

Setelah sempat tertinggal hingga 12 poin di babak pertama, sebenarnya Timberwolves berhasil menyamakan kedudukan menjadi 77-77 melalui basket Edwards dengan sisa waktu 4:51 di kuarter ketiga. Pertandingan kemudian berlangsung ketat dengan 10 kali kedudukan imbang dalam 13 menit berikutnya.

Washington memecahkan kebuntuan terakhir dengan tembakan tiga angka pada sisa waktu 3:38, membawa Mavericks unggul 107-104. Doncic menambah keunggulan menjadi 109-105 dengan tembakan pendeknya pada sisa waktu 2:16, dan Irving mengokohkan keunggulan dengan tembakan dari sudut kanan.

Gafford, yang mendapat lebih banyak waktu bermain setelah center cadangan Dereck Lively II harus meninggalkan pertandingan di kuarter ketiga karena cedera leher, berhasil memblok upaya layup Mike Conley pada sisa waktu 56,7 detik.

Gafford kemudian mencetak dunk dari assist lob Doncic meskipun mendapat pelanggaran. Lemparan bebas Gafford membuat Mavericks unggul 114-105 dengan sisa waktu 34,8 detik, menutup peluang Timberwolves untuk bangkit.

Doncic mengakhiri pertandingan dengan tujuh rebound, lima assist, dan lima steal. Washington menyumbang 16 poin dan delapan rebound, sementara Derrick Jones Jr. menambah 11 poin. Di pihak Timberwolves, Karl-Anthony Towns mencetak 14 poin dan 11 rebound, Conley menyumbang 16 poin, Jaden McDaniels menambah 15 poin, Naz Reid mencetak 14 poin, dan Kyle Anderson menutup dengan 10 poin.