Bagikan:

JAKARTA - Dallas Mavericks berhasil melaju ke babak Final Wilayah Barat setelah mengalahkan tim teratas klasemen, Oklahoma City Thunder, dengan seri pertandingan 4-2. Kemenangan dramatis pada laga keenam yang berlangsung di American Airlines Center, Dallas, Texas, Minggu, 19 Mei yang berakhir dengan skor 117-116. Kemenangan direbut berkat dua tembakan bebas PJ Washington Jr di 2,5 detik terakhir.

Tim muda Thunder yang sempat tertinggal hingga 17 poin, hampir membalikkan keadaan di akhir laga. Namun, Mavericks dengan pengalaman mereka mampu merespons cepat dan mempertahankan kemenangan. Kyrie Irving, yang kembali bermain di babak final konferensi setelah terakhir kali bermain bersama Cleveland Cavaliers pada 2017, mengatakan, "Terkejar setelah unggul 17 angka dalam pertandingan bukanlah posisi yang Anda inginkan, tetapi di situlah kami menemukan diri kami sendiri. Kami harus merespons dengan cara yang kami lakukan sepanjang musim."

Luka Doncic mencetak triple-double dengan 29 poin, 10 rebound, dan 10 assist. Kyrie Irving dan Derrick Jones Jr sama-sama menambahkan 22 poin, Dereck Lively II mencetak 12 poin, dan Daniel Gafford menyumbang 10 poin.

Momen kunci pertandingan terjadi ketika PJ Washington mendapatkan tiga free throw setelah dilanggar oleh Shai Gilgeous-Alexander saat hendak menembak tiga angka. Pelatih Thunder, Mark Daigneault, sempat mengajukan challenge untuk mereview pelanggaran, namun kontak yang dilakukan Gilgeous-Alexander terhadap Washington tetap dianggap sebagai pelanggaran.

Gilgeous-Alexander yang mencetak rekor tertinggi dalam karir playoffnya dengan 36 poin, mengatakan, "Jika saya mendapatkan momen itu kembali, saya tidak akan melakukan pelanggaran terhadapnya, dan akan membiarkan dia gagal dalam menembak."

Meski perjalanan Thunder yang dipenuhi pemain muda dan berhasil menjadi tim teratas di Wilayah Barat pada musim reguler ini harus terhenti, mereka telah memberikan perlawanan yang impresif.

Mavericks akan menghadapi pemenang dari seri pertandingan Denver Nuggets melawan Minnesota Timberwolves yang akan memainkan laga ketujuh.